Analis Sebut Program Prabowo-Gibran Konkret untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Prabowo dan Gibran di Indonesia Arena, Senayan.
Sumber :
  • Gerindra Tv

Jakarta – Program dan misi bakal calon presiden dan calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai memiliki roadmap mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Demikian dikemukakan Analis Politik Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi. “Itu dikarenakan keduanya mempunyai fokus untuk meningkatkan kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, dan kebijakan pemerintah,” kata Ade dalam keterangannya, Jumat, 3 November 2023.

Sejumlah program yang pro rakyat akan dilakukan Prabowo-Gibran bila terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode berikutnya. Beberapa program tersebut dirangkum dalam 8 misi Asta Cita. 

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Program pertama yaitu Prabowo-Gibran berkomitmen memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Program selanjutnya adalah memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Prabowo-Gibran juga fokus untuk meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industry kreatif, dan melanjutkan pembangunan infrastruktur. 

Keduanya pun ingin memperkuat pembangunan sumber daya manusia, sains, teknologi, kesehatan, kesetaraan gender hingga penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas. Kemudian, program hilirisasi yang akan dilanjutkan Prabowo-Gibran. Lalu, keduanya berkomitmen untuk membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan. 

Selanjutnya, Prabowo-Gibran akan memperkuat reformasi politik, hukum dan birokrasi serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba. Kemudian, pasangan senior-junior itu akan memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. 

Lantaran itu, Ade Reza meyakini, Prabowo-Gibran pasangan kompeten untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selain itu, dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dan Presiden Jokowi hingga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjadi katalis positif bagi Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 mendatang. 

“Saya melihat program dan misi yang disampaikan oleh pasangan ini, tampaknya punya roadmap mewujudkan Indonesia Emas 2045,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya