Jokowi Sebut Banyak Pihak Mau Beri Bantuan untuk Palestina, Bakal Dikirim Bertahap

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Dok Setkab.

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina, pada Sabtu 4 November 2023, di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta. Presiden Jokowi mengatakan kalau bantuan yang bakal diberikan Indonesia ke Palestina bukan cuma yang dilakukan hari ini.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Akan ada berapa batch bantuannya," ucap dia kepada wartawan, Sabtu 4 November 2023.

Bukan tanpa alasan bantuan kemanusiaan untuk Palestina bakal diberikan lagi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan antusias masyarakat untuk memberi bantuan sangat besar.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

VIVA Militer: Presiden RI Joko Widodo lepas bantuan kemanusiaan ke Palestina

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

"Ini kita melihat bahwa antusias masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha ini banyak sekali yang ingin menyalurkan bantuannya. Sehingga, ini akan kita koordinir karena masuknya ke sana juga tidak mudah, kalau pemerintah itu lebih gampang sehingga kita terbuka, dan  kita harapkan tahap kedua sesegera mungkin," ujarnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo hari ini melepas bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia ke Gaza, Palestina. Bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia untuk korban perang di Palestina itu diterbangkan dengan tiga pesawat Hercules milik TNI AU. 

Dua Pesawat Hercules C-130 diterbangkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, dan satu pesawat komersil carteran lainnya yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta.

Truk-truk pengangkut bantuan kemanusiaan memasuki Gaza dari titik penyeberangan pada perbatasan Gaza-Mesir di Rafah, Mesir.

Photo :
  • ANTARA/Xinhua/Ahmed Gomaa/tm/am.

Jokowi menambahkan, total bantuan kemanusiaan tahap pertama dari Pemerintah Indonesia hari ini diberangkatkan 51.5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

"Ya ini bantuan segera diberangkatkan jadi dari sini ada dua pesawat, memuat 21 ton kemudian sisanya ada di Soekarno Hatta lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak yaitu kurang lebih 30-an ton," kata Presiden RI Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 4 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya