Din Syamsuddin: Aksi Bela Palestina Simbol Kebersamaan Bangsa Indonesia yang Cinta Damai

Ratusan ribu orang dan sejumlah tokoh nasional mulai dari pejabat negara hingga petinggi partai politik dan ormas menghadiri kegiatan solidaritas 'Aksi Damai Bela Palestina' di Monas, Jakarta, Minggu pagi, 5 November 2023.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Mantan ketua umum Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan kegiatan "Aksi Bela Palestina" hari ini merupakan bentuk kebersamaan seluruh komponen bangsa Indonesia yang cinta damai, meski lintas agama, kelompok, dan partai politik.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

"Aksi hari ini, aksi besar aliansi rakyat Indonesia bela Palestina, adalah bentuk kebersamaan kita, seluruh elemen dan komponen bangsa Indonesia yang cinta damai, lintas agama, lintas kelompok, lintas partai politik," kata Din Syamsudin saat berorasi di panggung "Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina" di Monas, Jakarta Pusat, Minggu pagi, 5 November 2023.

Untuk itu, Din meminta massa aksi agar tetap menunjukkan kebersamaan, berpegang teguh pada etika, dan akhlak mulia untuk saling menghargai dan saling bertenggang rasa.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Bayu Pratama

"Saya minta aspirasi politik, baik terhadap partai-partai politik, maupun pasangan capres dan cawapres disimpan dahulu, ditahan dahulu, tidak perlu ada ekspresi apapun, kecuali yang positif. Inilah bangsa Indonesia yang cinta damai. Inilah umat beragama yang berakhlak mulia," pesan Din Syamsudin.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Din meminta agar massa aksi dapat membubarkan diri dengan tertib, usai pelaksanaan aksi.

"Saya minta setelah bubar nanti, bubarlah dengan tertib, karena boleh jadi, tanpa bermaksud bersuuzan, ada yang ingin mencederai dengan menghasut, dengan memprovokasi. Maka, sebagai rakyat cinta damai, pulanglah dengan tertib pada waktunya nanti," kata Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina ini.

Terdapat sejumlah pejabat negara yang hadir dalam "Aksi Damai Bela Palestina", di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah tokoh nasional mulai dari pejabat negara hingga petinggi partai politik dan ormas menghadiri kegiatan solidaritas Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu pagi, 5 November 2023.

Photo :
  • Kemenag

Hadir juga mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Puan Maharani dan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya