Firli Bahuri Mangkir Pemeriksaan Polisi karena ke Aceh, KPK: Bukan Mengada-ada

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak
Sumber :
  • KPK

Jakarta – Ketua KPK Firli Bahuri mengonfirmasi tidak menghadiri panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo alias SYL, yang sedianya dilakukan hari ini. Kendati, KPK menilai itu bukan suatu alasan Firli Bahuri agar bisa mengulur waktu pemeriksaan.

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

"Kami selaku pimpinan semua di sini menghormati hukum terkait dengan pemanggilan itu hanya saja karena ada kendala itu. Jadi kendala bukan mengada-ada memang itu sudah ada sebelumnya, sudah direncanakan," ujar wakil ketua KPK Johanis Tanak kepada wartawan yang dikutip Selasa 7 November 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa
BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

Tanak menyebut kalau semua pimpinan sudah memiliki agenda sehingga tak bisa mewakilkan Firli Bahuri di Aceh.

"Kalau masalah pemeriksaan dan pimpinan ini ada 5. Pak Nawawi sakit, Pak Alex terkait juga masalah road show itu ke Palembang, terus Pak Nurul Ghufron itu ke luar negeri," kata Tanak.

KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

"Nah, saya besok ada tugas juga dengan Korea. Ini sudah pembagian tugas sudah terjadwal sebelumnya dan Pak Ketua juga sudah terjadwal untuk ke Aceh," lanjutnya.

Tanak menyebut ketidakhadirannya Firli Bahuri hari ini sudah mengirimkan surat kepada Polri. Dia mengatakan hal ini bukan kendala yang sengaja dibuat untuk menghindari pemeriksaan.

"Jadi bukan mengada-ada, bukan, tapi karena kondisinya seperti itu sehingga perlu ada penjadwalan kembali atas permintaan (pemeriksaan) Polda DKI (Polda Metro Jaya)," tutur Tanak.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Sebelumnya diberitakan, Ketua KPK Firli Bahuri akan absen pada pemeriksaan besok di Polda Metro Jaya soal dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. Sejatinya dia akan diperiksa sebagai saksi besok di Polda Metro Jaya, kendati Firli tak bisa hadir lantaran ada kegiatan di wilayah Aceh.

"Informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana soalnya ada kegiatan di Aceh dalam rangka roadshow bus dan juga Hakordia di Aceh," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin 6 November 2023.

Ali menuturkan kalau Firli Bahuri akan ada sejumlah kegiatan pada Selasa besok di Aceh. Namun, dikatakan Ali Fikri, Firli Bahuri telah mengirimkan surat ke Polda Metro kalau besok harus absen.

"Di sana teman-teman ada beberapa kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPK nantinya sehingga sudah berkirim surat untuk mengonfirmasi gitu ya ke ketidakhadiran," tutur Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya