Dinilai Jadi Magnet Politik, Prabowo-Gibran Berpotensi Serap Dukungan Pemilih Muda

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dinilai berpotensi menyerap banyak dukungan dari para pemilih muda dan mengungguli elektabilitas pasangan lainnya.

Eks Ajudan Prabowo Blusukan di Kampung Solo Demi Maju Cagub Jateng

Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap), Mochammad Thoha. “Di samping faktor Gibran sebagai bagian dari generasi Y (milenial), faktor Prabowo sendiri juga menjadi magnet politik bagi generasi muda tersebut, di mana saat ini ia jauh lebih terbuka, ramah, sopan santun, merangkul dan jauh lebih bijaksana dibandingkan masa lalu,” kata Thoha dalam keterangannya, Kamis, 9 November 2023.

Menurut Thoha, Prabowo-Gibran adalah satu-satunya pasangan yang mampu mencuri perhatian anak muda. Hal itu lantaran Prabowo yang semakin terbuka dengan anak muda dan sosok Gibran yang sangat dekat dengan kalangan milenial. 

Prabowo Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Menko Airlangga Ungkap Sektor yang Bakal Digenjot

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai menjalani tes kesehatan

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Prabowo-Gibran menunjukkan kedekatannya dengan kalangan muda melalui beberapa program, di antarnya memberikan kredit pinjaman untuk usaha rintisan atau start up. Pasangan ini juga optimis untuk meningkatkan energi hijau, melalui komponen minyak sawit dalam biodiesel dan campurkan lebih banyak bioethanol dari tebu dan singkong ke dalam bahan bakar pada tahun 2029. 

Prabowo Siapkan Makan Siang-Susu Gratis, Bursah Zanubi: Program Pembangunan Manusia RI

Saat ini, Prabowo-Gibran terus mendapatkan dukungan dari generasi Z dan milenial. Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia periode 16-20 Oktober 2023, pada kelompok pemilih generasi Z (kurang dari 26 tahun), Prabowo-Gibran memperoleh suara dukungan sebesar 37,8 persen. Angka itu melampaui pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 32,7 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 24,5 persen. 

Sementara pada klaster kelompok milenial (27-42 tahun), Prabowo-Gibran masih kokoh dari pasangan lain, dengan memperoleh dukungan sebesar 37,1 persen. Diikuti Ganjar-Mahfud dengan 31,5 persen dan Anies-Muhaimin dengan 25,6 persen. 

Dengan melimpahnya dukungan tersebut, Thoha yakin Prabowo-Gibran akan memenangkan Pilpres 2024. Hal itu karena pada Pemilu 2024 mendatang, mayoritas yang akan memilih adalah kelompok usia muda, generasi Z dan milenial.  “Seperti kita ketahui kelompok usia Gen Z dan Gen Y (milenial) mendominasi DPT Pemilu 2024,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya