Bicara di KTT OKI, Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab Atas Kekejaman yang Dilakukan

Presiden Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan persnya usai menghadiri KTT luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI di Riyadh, Arab Saudi. Dalam pertemuan penting negara-negara Islam ini, Kepala Negara mengungkapkan perlunya gencatan senjata untuk menghindari timbulnya korban yang lebih banyak. 

Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita

Jokowi juga mengatakan bantuan kemanusiaan perlu dipercepat. Dia juga menegaskan, bahwa Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang mereka lakukan.

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan. Bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak. Perundingan damai harus segera dimulai. Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," kata Jokowi dalam keterangan resminya, Senin 13 November 2023.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Presiden Jokowi bersama pemimpin negara lain di KTT OKI

Photo :
  • Kemensetneg

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung banyak negara yang diam saja dan seolah tak berdaya melihat kekejaman yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina.

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

"Saat KTT saya menyampaikan secara jujur, bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina," kata Jokowi.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia yang secara tegas mendukung Kemerdekaan Palestina, mengajak seluruh negara-negara Islam agar bersatu memperjuangkan keadilan bagi Palestina. Konflik yang terjadi di jalur Gaza, Palestina telah menimbulkan banyak korban jiwa dari masyarakat sipil dan anak-anak.

"Sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu, dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh

Photo :
  • Setkab

Seperti diketahui, Akhir pekan lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir di perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) yang diselenggarakan saat KTT Liga Arab di Riyadh, Arab Saudi.

KTT Arab-Islam itu menyerukan diakhirinya perang di Gaza dan menolak pembenaran tindakan Israel terhadap warga Palestina sebagai pembelaan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya