Firli Bahuri Diperiksa Dewas KPK Hari Ini soal Dugaan Pelanggaran Etik Bertemu SYL

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua KPK, Firli Bahuri rencananya akan menjalani klarifikasi terkait dugaan pelanggaran etik terkait dengan foto yang beredar bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Klarifikasi Firli Bahuri akan dilaksanakan pada Senin 13 November 2023 hari ini bersama dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris mengatakan bahwa rencananya Firli Bahuri akan menjalani klarifikasi hari ini sekira pukul 10.00 WIB.

"Ya. Rencananya jadwal klarifikasi pak FB (Firli Bahuri) Senin jam 10," ujar Syamsuddin kepada wartawan dikutip Senin.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA.co.id

Kendati demikian dia tidak menjelaskan apakah Firli Bahuri akan hadir atau tidak.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Sebelumnya diberitakan, anggota Dewas KPK Albertina Ho menjelaskan bahwa belum dapat memastikan kalau Firli Bahuri akan hadir atau tidak. Sebab, sampai dengan saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut.

Diketahui, dalam dugaan laporan pelanggaran etik oertrmuan dengan Syahrul Yasin Limpo itu hanya tinggal Firli Bahuri yang belum diklarifikasi. Dia dalam dugaan pelanggaran etik sebagai pihak yang terlapor.

"Belum (terkonfirmasi) Moga-moga tidak menunda lagi, karena Dewas ingin segera menyelesaikan laporan-laporan ini," ujar dia pada Sabtu 11 November 2023.

Sebagai informasi, Dewas KPK sudah memanggil Syahrul Yasin Limpo, wakil ketua KPK Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak dalam dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Bahkan, empat orang dekat SYL seperti sopir, ajudan dan asisten pribadi juga sudah dimintai klarifikasi. Kendati, untuk wakil ketua KPK Nawawi Pomolango belum juga dipanggil karena tengah sakit.

Syahrul Yasin Limpo Temui Ketua KPK Firli Bahuri Lagi Main Badminton

Photo :
  • Istimewa

Pun, Ketua KPK Firli Bahuri juga belum dipanggil Dewas untuk memberikan klarifikasi. Padahal, Firli minta jadwalkan ulang setelah tanggal 8 November 2023. Namun, sampai dengan saat ini belum ada jadwal pasti.

Beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Saat ini diketahui kalau Mentan RI tengah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulutangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya