Jenderal Agus Subiyanto Siap Pakai Pendekatan 'Smart Power' Atasi Konflik di Papua

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto jalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and propter test sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Senin, 13 November 2023. Salah satu paparannya, Agus menyinggung soal konflik vertikal di Papua.

KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Agus mengatakan untuk mengatasi konflik vertikal di Papua perlu cara pendekatan seperti smart power.

"Seperti masalah di Papua, pendekatan smart power yang dikombinasikan hard power, soft power, diplomasi militer mutlak dilakukan," kata Agus di ruang Komisi I DPR, Senayan, Jakarta.

WNA Asal Papua Nugini Ditangkap di Papua Karena Bawa Dua Butir Amunisi Ilegal

Dia pun menyinggung aspek hard power yang juga bisa berperan sebagai ‘jembatan’ dalam rangka penegakan hukum. Lalu, maksud aspek soft power yaitu mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua

Menurut dia, pendekatan soft power tersebut sepatutnya dilakukan bersama-sama dengan bersinergi antara TNI serta pihak terkait seperti kementerian, lembaga, dan pemangku kepentingan. Sementara, diplomasi militer dilakukan bisa dengan melalui mediasi.

Anggota Bawaslu di Intan Jaya Ngaku Disandera oleh KKB, Dipalak Rp150 Juta

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kata Agus, upaya itu juga bisa dengan pertukaran personel TNI dengan negara-negara di kawasan

"Diplomasi militer ini dilakukan untuk membangun hubungan interpersonal antar prajurit. Serta menciptakan persamaan pandangan tentang pendekatan dalam penyelesaian masalah di Papua," ujar Agus.

Sebelumnya, Agus juga membeberkan visi TNI Prima untuk jadikan TNI yang responsif, modern, dan integratif. Dia menuturkan punya visi membangun TNI agar punya daya tahan dalam menghadapi segala bentuk ancaman.

"Guna terlaksananya semua tugas TNI yang telah ditetapkan, saya memiliki visi TNI yang prima yaitu TNI profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif," kata Agus.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Agus, TNI Prima itu disiapkan untuk membangun TNI yang punya daya tahan gempur. Dengan demikian, TNI bisa hadapi dan mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan, yang akan membahayakan integritas bangsa serta negara.

Agus Subiyanto merupakan jenderal bintang 4 yang ditunjuk Presiden Jokowi jadi calon tunggal Panglima TNI. Agus diproyeksikan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun di akhir November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya