Jokowi Desak Gencatan Senjata di Gaza, Perundingan Damai Segera dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers dari Washington DC
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Israel harus bertanggungjawab atas kekejaman yang dilakukan di wilayah Gaza, Palestina. Hal itu disampaikan Jokowi saat tiba di Washington DC, Amerika Serikat pada Senin, 13 November 2023.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

“Israel harus bertanggungjawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” kata Jokowi dikutip pada Senin, 13 November 2023.

Disamping itu, Jokowi mengatakan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan atau bantuan untuk warga Palestina tidak boleh menjadi sasaran serangan oleh Israel. Makanya, ia meminta dilakukan gencatan senjata.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh

Photo :
  • Setkab

“Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan,” ujarnya.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Memang, Jokowi mengaku mendapatkan pesan kuat untuk menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) kepada Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden esok hari,” jelas dia.

Kemudian, Jokowi juga akan menyampaikan suara dari 57 negara atau sekitar 1/3 suara negara di dunia atas tindakan Israel kepada Palestina. Bukan cuma itu, Jokowi juga diberi pesan khusus oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas agar disampaikan kepada Presiden Joe Biden. 

“Saya akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya