Respons Suhartoyo soal Mahfud MD Minta Jangan Sampai Terkontaminasi

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo
Sumber :
  • MK

Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) merespons pernyataan Menkopolhukam RI, Mahfud MD, yang meminta agar tidak terkontaminasi dan bisa memperbaiki lembaga MK.

Pemerintah Sepakat Pembahasan RUU MK Dibawa ke Rapat Paripurna

Suhartoyo menganggap pernyataan Mahfud itu sebagai pengingat untuk dirinya dari seorang sahabat.

"Ya itu kan pesan moral sebagai sahabat yang mengingatkan, jadi saya terima kasih," kata Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin, 13 November 2023.

Hakim Semprot Dirjen Kementan: Sama-sama Sembunyikan Borok, Tapi Ketahuan Juga

Ketua MK Suhartoyo dan Wakil Ketua MK Saldi Isra

Photo :
  • VIVA/Ilham

Suhartoyo yakin bahwa dirinya tak akan terkontaminasi saat menjabat sebagai ketua MK "InsyaAllah apa yang dimaksud Pak Mahfud terkontaminasi itu tidak ada dalam rumus saya. InsyaAllah," kata dia.

MK Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Terkait Anwar Usman

Sebelumnya, Hakim Konstitusi Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang dipecat lantaran melakukan pelanggaran etik berat. 

"Yang disepakati dalam hasil kami berdua untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suharto dan saya tetap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua (MK)," kata Hakim Konstitusi, Saldi Isra dalam konferensi pers di Gedung MK, Kamis, 9 November 2023.

Saldi Isra menyebutkan, keputusan Suhartoyo menjadi Ketua MK ini juga disepakati tujuh hakim konstitusi lainnya dalam rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang digelar sejak pagi tadi. Ia menyebutkan, keputusan ini merupakan hasil dari musyawarah mufakat secara bersama. "Itulah wujud musyawarah mufakat kami yang dilakukan RPH," ujarnya.

Dalam kesempatan lain, Menkopolhukam RI, Mahfud MD buka suara soal terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang dipecat usai melakukan pelanggaran etik berat. 

Mahfud bersyukur, putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) untuk mencari ketua MK baru segera dilaksanakan sehingga terpilih Suhartoyo sebagai pimpinan yang baru.

Hakim Konstitusi Suhartoyo dilantik menjadi Ketua MK.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Dia pun berharap, Suhartoyo tak berubah dan tetap baik seperti dulu. Suhartoyo diharapkan tidak terkontaminasi oleh hal-hal negatif hingga membiarkan MK semakin rusak.

"Sampai saat ini, rasanya teman saya ini masih bisa diharapkan. Mudah-mudahan tidak terkontaminasi dan tidak membiarkan MK rusak. Harus diperbaiki dan memperbaiki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya