Firli Bahuri Minta Diperiksa soal Dugaan Pelanggaran Etik Besok, Dewas KPK Tak Tahu Alasannya

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak hadir dalam klarifikasi dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan Syahril Yasin Limpo hari ini. Dewas KPK ungkap Firli minta dijadwalkan kembali.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan, Firli Bahuri meminta agar klarifikasi yang akan diberikannya terkait pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo dilakukan pada Selasa besok, 14 November 2023.

"Pak FB (Firli Bahuri) tidak hadir, minta diperiksa selasa besok," ujar Syamsuddin Haris kepada wartawan,Senin 13 November 2023

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Segera Diadili, Bakal Didakwa Suap dan Gratifikasi

Dia tak merincikan apa alasan Firli Bahuri minta diperiksa besok. Padahal Dewas sudah kembali mengirimkan surat pemeriksaan agar dilakukan pada hari ini.

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA.co.id
Sekjen DPR Mangkir Panggilan KPK, Minta Diperiksa 15 Mei

Firli Bahuri Siap Hadir Besok

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan bahwa dirinya akan siap menghadapi proses klarifikasi Dewan Pengawas (Dewas) KPK besok, Selasa 14 November 2023 soal dugaan pelanggaran etik terkait foto pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo. 

"Sesuai Surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin 13 November 2023.

Ali menjelaskan kalau Firli Bahuri akan menjelaskan secara terang dugaan pertemuan demgan Syahrul Yasin Limpo. Hal itu dilakukan demi membantu Dewas KPK tuntaskan dugaan pelanggaran etik.

Ali juga menerangkan kalau sejatinya pemenuhan panggilan Firli besok itu lantaran jadwal sebelumnya tak bisa hadir karena sudah ada jadwal lainnya.

"Dalam pemeriksaan nantinya Bapak FB pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini," ucapnya.

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • KPK

"Penjadwalan ulang pemeriksaan ini dilakukan mengingat pada undangan pemeriksaan semula, Pak FB sudah terjadwal untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Mari kita ikuti proses pemeriksaan di Dewas ini dan menunggu putusannya," beber Ali.

Maka dari itu, KPK yakin Dewas bisa memutus dugaan pelanggaran etik sesuai dengan independensi sebagaimana diatur dalam undang-undang yang telah ada.

Sebagai informasi, Dewas KPK sudah memanggil Syahrul Yasin Limpo, wakil ketua KPK Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak dalam dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Bahkan, empat orang dekat SYL seperti sopir, ajudan dan asisten pribadi juga sudah dimintai klarifikasi. Kendati, untuk wakil ketua KPK Nawawi Pomolango belum juga dipanggil karena tengah sakit.

Pun, Ketua KPK Firli Bahuri juga belum dipanggil Dewas untuk memberikan klarifikasi. Padahal, Firli minta jadwalkan ulang setelah tanggal 8 November 2023. Namun, sampai dengan saat ini belum ada jadwal pasti.

Beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Saat ini diketahui kalau Mentan RI tengah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulutangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya