Dugaan Pelanggaran Etik Bertemu SYL, Dewas KPK Bakal Periksa Firli Bahuri 20 November

Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers OTT Pj Bupati Sorong
Sumber :
  • KPK

Jakarta – Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah memberikan jadwal untuk meminta klarifikasi dari ketua KPK Firli Bahuri soal dugaan pelanggaran etik karena telah bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan bulu tangkis. Firli Bahuri dijadwalkan untuk memberikan klarifikasi pada Senin 20 November 2023 pekan depan.

Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis

Anggota Dewas KPK Albertina Ho mengatakan, klarifikasi Firli Bahuri rencananya akan digelar pada Senin pekan depan sekira pukul 10.00 WIB pagi 

"Sudah dikirim (surat undangan), hari Senin tanggal 20 November jam 10.00," kata Albertina kepada wartawan dikutip Rabu 15 November 2023.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Albertina menjelaskan bahwa Dewas tak punya wewenang untuk melakukan penjemputan paksa jika Firli tidak hadir kembali. Dewas hanya bisa menunggu jika Firli Bahuri bersedia hadir.

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

"Dewas tidak ada kewenangan upaya paksa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, anggota Dewas KPK Albertina Ho menjelaskan bahwa belum dapat memastikan kalau Firli Bahuri akan hadir atau tidak. Sebab, sampai dengan saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut.

Diketahui, dalam dugaan laporan pelanggaran etik pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo itu hanya tinggal Firli Bahuri yang belum diklarifikasi. Dia dalam dugaan pelanggaran etik sebagai pihak yang terlapor.

"Belum (terkonfirmasi) Moga-moga tidak menunda lagi, karena Dewas ingin segera menyelesaikan laporan-laporan ini," ujar dia pada Sabtu 11 November 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

Sebagai informasi, Dewas KPK sudah memanggil Syahrul Yasin Limpo, wakil ketua KPK Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak dalam dugaan pelanggaran etik pimpinan KPK.

Bahkan, empat orang dekat SYL seperti sopir, ajudan dan asisten pribadi juga sudah dimintai klarifikasi. Kendati, untuk wakil ketua KPK Nawawi Pomolango belum juga dipanggil karena tengah sakit.

Pun, Ketua KPK Firli Bahuri juga belum dipanggil Dewas untuk memberikan klarifikasi. Padahal, Firli minta jadwalkan ulang setelah tanggal 8 November 2023. Namun, sampai dengan saat ini belum ada jadwal pasti.

Beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang asik mengobrol dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis.

Saat ini diketahui kalau Mentan RI tengah berperkara di lembaga antirasuah terkait dengan dugaan korupsi di Kementan RI.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulutangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya