222 Polisi Bakal Jaga Nyawa 3 Paslon Capres-Cawapres Selama Pilpres 2024

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024 ko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sebanyak 74 personel Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024 dikerahkan guna mengawal masing-masing calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

"Operasi Mantap Brata di tingkat pusat ada 9 satgas salah satunya adalah Satgas Pam (Pengamanan) Capres/ Cawapres," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu 15 November 2023.

Anies-Muhaimin nomor urut 1 di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana.
Polisi Blak-blakan Ungkap Penyebab Macet Horor di Yos Sudarso Jakut Pagi Ini

Dia mengatakan, setiap capres dan cawapres dapat dua tim pengamanan. Tim terdiri dari masing-masing, 37 personel. Jika dijumlah totalnya 74 personel bagi satu pasangan.

"Masing-masing calon disiapkan dua tim, satu tim berjumlah 37 orang," katanya.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

Jika dirinci, satu tim terdiri dari sembilan personel yang bertugas sebagai asisten pribadi (spri) dan ajudan (ADC) untuk capres/cawapres dan istrinya. Lalu perwira penghubung protokol (Pabungkol). 

Kemudian, sebanyak 21 personel bertugas jadi pengamanan dan pengawalan yakni pengawal pribadi (walpri), pengamanan dan penyelamatan (matan) dan tenaga medis. Selanjutnya, tujuh personel jadi pengawalan lalu lintas (wal lantas).

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dengan demikian, karena ada tiga pasang capres-cawapres maka ada 222 personel yang bakal terbagi sebagai tim pengamanan. Mereka bakal melekat bertugas sesuai fungsinya mengawal masing-masing pasangan selama pemilihan presiden 2024.

"Spri ADC bapak, ADC ibu dan pabungkol 9 orang. Pam dan Wal, walpri, matan dan tenaga medis 21 orang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya