Bupati Padang Lawas Utara Mengundurkan Diri, Pj Gubernur Sumut Ungkap Penyebabnya

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra (Medan)

Medan – Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Andar Amin Harahap mengundurkan diri jabatannya sejak 4 November 2023 lalu. Dia mengundurkan diri karena sudah ditetapkan sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT) untuk DPR RI pada Pemilu 2024. 

Menhub Pede Bandara Jenderal Besar A.H. Nasution Bakal Pacu Potensi Ekonomi di Mandailing Natal

Sesuai dengan keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Wakil Bupati Palut, Hariro Harahap ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Paluta.

"Dia (Andar mengundurkan diri) sesuai dengan tahapan, pelaksananya adalah Wakil Bupati (sebagai Plt Bupati Paluta)," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, Rabu, 15 November 2023. 

PKB: Banyak yang Bilang Pertemuan Cak Imin dengan Prabowo Ibarat CLBK

Andar Harahap yang menjabat Ketua DPD Golkar Kabupaten Paluta, maju jadi caleg DPR RI dari partai Golkar di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II, dengan nomor urut 10.

PJ Gubernur Sumut, Hassanudin

Photo :
  • VIVA/B.S Putra
Gerindra Perkenalkan Dedi Mulyadi Kandidat dalam Pilkada Jabar

Untuk diketahui, masa jabatan Bupati Paluta Andar Amin Harahap dan Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap yaitu pada 2018-2023 dan akan berakhir pada 27 November 2023.

Meski mengundurkan diri, berdasarkan informasi berkembang Andar Harahap masih mengklaim dirinya sebagai Bupati Paluta dan menggunakan fasilitas negara. Menyikapi hal itu, Hassanudin mengatakan cuma untuk jalan-jalan menggunakan fasilitas negara.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, mengatakan Hariro Harahap secara resmi sudah menjadi Plt Bupati Paluta.

"Sudah resmi, pak Wakilnya sudah memegang surat dari kita. Soal fasilitas ini cuma jalan-jalan," tutur Hassanudin.

Hassanudin mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, sudah mengajukan nama tiga Pj Bupati Paluta ke Kemendagri RI. 

"Sudah, kitakan punya mekanisme, DPRD mengajukan, kita mengajukan, dan Kemendagri nanti yang menentukan yang pantas. Siapapun tentu yang terbaik melanjukan pemerintahan di sana (Pemkab Paluta)," ujar Hassanudin.

Disinggung siapa tiga nama calon Pj Bupati Paluta yang diajukan Pemprov Sumut ke Kemendagri RI tersebut. Hassanudin enggan membeberkan.

"Sudah (tiga nama calon Pj Bupati Paluta diajukan ke Kemendagri), putra Sumatera Utara terbaik," kata Hassanudin.

Berdasarkan informasi diperoleh, DPRD Paluta sudah mengusulkan tiga nama calon Pj Paluta, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Paluta, Patuan Rahmad Syukur Hasibuan.

Kemudian, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumut, M Mahpullah Pratama Daulay dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya