Profil Bang Onim, WNI yang Lolos dari Serangan Israel di Gaza

Bang Onim, WNI yang lolos dari serangan Israel
Sumber :
  • YouTube Need A Talk

Jakarta – Abdillah Onim atau yang dikenal dengan Bang Onim merupakan warga negara Indonesia yang telah lama menetap di Palestina atau sekitar 13 tahun lebih. Karena terjadi bentrokan antara Israel dan Palestina, ia pun dan keluarga dipulangkan ke Indonesia.

Israel Bom Rafah Setelah Hamas Setujui Proposal Gencatan Senjata Hasil Mediasi AS

Dikabarkan jika Bang Onim dan keluarga tiba di Indonesia pada Senin, 6 November 2023 sore menggunakan penerbangan Emirates dari Kairo, Mesir.

Keluarga Abdillah Onim (pertama kiri) berhasil dievakuasi dari Jalur Gaza

Photo :
  • ANTARA/HO-Kemlu RI
Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Kemudian, belum lama ini, Ia menceritakan soal keluarganya yang berhasil lolos dari serangan Israel. Hal itu diungkapkan olehnya saat hadir di podcast Atta Halilintar, yakni Need A Talk. Berikut profil Bang Onim yang VIVA dapat bagikan:

Profil Bang Onim

Fadli Zon Respons soal Wacana Pemberian Hak Kewarganegaraan Ganda untuk Diaspora

Bang Onim memiliki nama asli Abdillah Onim. Ia lahir pada 12 Juni 1979 di Maluku. Menariknya, kampung halaman Bang Onim adalah dari Indonesia Timur yaitu dari Galela, Halmahera Utara.

Dilansir dari laman Nusantara Palestina Center (NPC), Rabu, 15 November 2023, pria yang kerap disapa Bang Onim ini lahir pada 12 Juni 1979 di Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara. Ia pertama kali terjun ke dunia relawan di Palestina pada 2009. Ketika itu Onim berada di bawah MER-C (Medical Emergency Rescue Committee).

MER-C sejak 2008 sudah melangsungkan misi kemanusiaan di Gaza yang kala itu juga menghadapi invasi dari Israel. Selama di MER-C, Onim pernah bertugas menjadi Ketua Cabang Jalur Gaza. Pada masa kepemimpinan Onim pula, program Rumah Sakit Indonesia di Gaza lahir.

Bang Onim

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Pada 2011 Onim menikahi perempuan Palestina. Onim dan istrinya memiliki tiga orang anak. Pernikahan ini membuat Bang Onim sebagai orang Indonesia pertama yang melangsungkan pernikahan di Jalur Gaza.

Kemudian di tahun 2018 Onim mendirikan NPC. Lembaga kemanusiaan ini bergerak di sektor pendidikan dan kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya