Geger, Air Sumur Meluap hingga Membanjiri Rumah Warga di Banjarnegara

Sumur di rumah warga di Banjarnegara memancar air dengan cukup deras
Sumber :
  • tvOne

Banjarnegara - Sebuah sumur milik warga Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tiba - tiba menyemburkan air cukup deras hingga meluber dan mengakibatkan rumah pemilik sumur kebanjiran.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Sumur tersebut diketahui berada di dalam rumah Uswatun Hasanah, warga Desa Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Sumur secara tiba-tiba menyemburkan air yang mengucur deras dari dalam lubang sumur pasca hujan deras yang menguyur wilayah Banjarnegara selama beberapa jam pada Rabu, 15 November 2023, lalu.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Begitu saya datang ke rumah, adik panggil-panggil katanya sumurnya itu keluar airnya dari dalam meluap. Begitu lihat ke dapur airnya sudah banjir. Kaget dan takut karena airnya tiba-tiba keluar seperti itu," kata Uswatun saat ditemui di lokasi Jumat, 17 November 2023.

Sumur di rumah warga di Banjarnegara memancar air dengan cukup deras

Photo :
  • tvOne
China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Sumur yang sebelumnya hanya berisi air dengan ketinggian 2 meter tersebut tiba-tiba meluap, bahkan tak hanya mengakibatkan rumah pemilik sumur kebanjiran, luapan air dari sumur tersebut juga mengalir hingga ke permukiman warga lainnya.

Pemilik sumur mengaku tak mengetahui pasti penyebab terjadinya air yang menyembur deras dari dalam lubang sumur miliknya itu.

"Asal air itu saya tidak tahu dari mana, kalau masih aman kami akan tetap tinggal di rumah tapi kalau kurang aman kami mengungsi dulu ke tempat saudara untuk sementara waktu," terangnya.

Sementara Kepala Desa Purwasaba, Hoho Alkaf mengatakan pemerintah desa bersama jajaran kepolisian dan TNI telah memeriksa lokasi sumur yang ditemukan air mengalir deras.

"Begitu kejadian sudah langsung diperiksa dari Polsek dan Koramil Mandiraja, tapi belum diketahui ini penyebabnya apa," katanya.

Namun ia juga mengungkapkan, deras air dari dalam sumur tersebut muncul setelah terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Banjarnegara, pada Rabu Malam lalu. 

Dugaan sementara air tersebut muncul akibat rembesan dari aliran sungai yang berada tak jauh dari rumah warga.

"Dimungkinkan rembesan dari sungai, tapi ini sungai sudah mulai surut tapi air yang muncul masih besar," ungkapnya

Laporan: Ronaldo Bramantyo/tvOne Banjarnegara
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya