Kronologi Kereta Api Probowangi Tabrak Mobil Elf di Lumajang hingga Tewaskan 11 Orang

Ilustrasi kecelakaan tertabrak kereta api.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lumajang - Kecelakaan melibatkan Kereta Api (KA) Probowangi dengan sebuah minibus mobil elf, di Lumajang, Jawa Timur terjadi Minggu malam 19 November 2023, sekitar pukul 19.53 WIB. Kecelakaan KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng itu menewaskan 11 orang.

Remaja 17 Tahun Betah Tinggal di Gerbong Kereta Api, Habiskan Ratusan Juta dalam Setahun

Menurut masinis, kereta api ditabrak sebuah mini bus di perlintasan kereta api tidak terjaga yang berada di kilometer 137+9 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Klakah. Alhasil, KA Probowangi sempat berhenti guna memastikan apakah kereta api aman melanjutkan perjalanan atau tidak. Saat ini sedang dilakukan evakuasi bangkai mobil elf.

“Akibat dari peristiwa tersebut KA Probowangi mengalami kelambatan 13 menit berangkat dari lokasi. Sedangkan untuk minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas kepolisian bersama warga,” kata Pelaksana harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo, Minggu 19 November 2023.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Kecelakaan maut kereta tabrak minibus elf di Lumajang Jawa Timur.

Photo :
  • tvOne.

Pihaknya menyesalkan insiden itu. Masyarakat yang akan melintas di perlintasan sebidang KA diimbau agar selalu berhati-hati. Merujuk Pasal 114 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

Mobil Rombongan Ibu Nyai Ponpes Sidogori Pasuruan Tertabrak KA Pandalungan, 4 Orang Tewas

"Pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri, serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat,” katanya.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Komarudin mengatakan, pihaknya masih melakukan pengecekan ke lokasi. Sejauh ini, 11 orang dinyatakan tewas dan beberapa mengalami luka-luka.

"Kita masih cek TKP (tempat kejadian perkara) dulu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya