Sindiran Telak Geisz untuk Firli, Singgung soal Upaya Mengada-ada Tersangkakan Anies

Geisz Chalifah.
Sumber :
  • Instagram @geisz_chalifah

Jakarta – Loyalis Anies Baswedan, Geisz Chalifah, turut mengomentari penetapan tersangka terhadap Ketua KPK Firli Bahuri terkait kasus pemerasan. Geisz mengingat kembali pada saat Anies Baswedan masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan KPK memeriksa Anies.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Pada saat itu, KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri, mencoba mengusut dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E. Diketahui, ajang balap mobil listrik tersebut merupakan gagasan dari Anies Baswedan yang saat itu menjabat Gubernur DKI

Anies Baswedan Diperiksa KPK Sebagai Saksi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Anies beberapa kali dipanggil KPK. Menurut Geisz, saat itu Anies diperiksa selama lebih dari 9 jam.

"Anies ingin ditersangkakan dengan cara yang meng-ada-ada. Lebih 9 jam diperiksa," kata Geisz dalam akun X miliknya yang dikutip Jumat, 24 November 2023.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Saat itu, menurut Geisz banyak yang membantu mendoakan Anies sehingga Anies bisa melewati kesulitan. Banyak orang yang mendoakan agar Anies terhindar dari kezaliman.

 "Jutaan orang dari tempat yang sunyi berdoa agar Anies terhindar dari kezholiman. Mereka Melantunkan sholawat Asygil," Tulis Geisz.

Saat ini Geisz seakan membuktikan bahwa Anies tak bersalah. Justru Ketua KPK yang waktu itu gencar memeriksa Anies, saat ini dijadikan tersangka oleh Polda Metro Jaya.

"Kini Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Pemerasan SYL!,"tutup Geisz.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.
Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu.

Syahrul Yasin Limpo Temui Ketua KPK Firli Bahuri Lagi Main Badminton

Photo :
  • Istimewa

Firli jelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin, 9 Oktober 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya