Ketika Guru bernama Kuswanto yang Dijuluki 'Manusia Pohon' Ditunjuk Jokowi jadi Kepsek

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Seorang guru asal Sigi, Sulawesi Tengah, bernama Kuswanto tetiba ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi kepala sekolah saat perayaan Hari Guru Nasional di Indonesia Arena GBK, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Sabtu, 25 November 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Ceritanya begini. Awalnya, Jokowi minta guru penggerak maju. Lantas Kuswanto yang maju. Dalam kesempatan maju ke depan, Kuswanto menceritakan pengalamannya sebagai guru penggerak. Dia bercerita kalau dijuluki 'manusia pohon'. Hal ini pun membuat Jokowi bertanya-tanya.

"Kebetulan saya dari daerah terpencil pak. Di daerah 3 T (terdepan, terluar, tertinggal) masuknya. Jadi, saya ikut menjadi guru penggerak, mungkin tidak sama dengan guru lainnya. Beliau-beliau ini kan mudah jaringan pak. Sehingga saya naik ke atas pohon," ucap Kuswanto, Sabtu, 25 November 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Lantas, Jokowi bertanya apa alasan Kuswanto naik ke atas pohon. Jokowi bertanya apa karena jaringan di sana kurang kuat.

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023

Photo :
  • Ist
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Ke atas pohon itu ngapain? Nyari mangga, nyari durian? Kenapa harus naik tangga? Wi-Finya kurang kuat?," ucap Jokowi.

Kuswanto mengaku diangkat jadi guru tahun 1993. Dia sudah hampir 30 tahun jadi guru. Dirinya sangat lugas saat ditanya Jokowi bedanya guru penggerak dan bukan.

"Saya mengajar di sebuah sekolah. Alhamdulillah, saya pada saat itu ikut guru penggerak angkatan 7 lulus. Kemudian saya kalau ikut crew call atau elaborasi karena ada tugas dengan fasilitator maupun instruktur, saya naik ke atas pohon untuk mencari jaringan, sehingga saya dikenal sebagai manusia pohon," katanya.

Lantas, setelah Jokowi mendaptkan jawaban dari Kuswanto kalau dia sudah 30 tahun menjadi guru, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memanggil nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim sambil menunjuk Kuswanto 'kepala sekolah'. Seolah meminta agar Kuswanto diangkat jadi kepala sekolah.

"Pak menteri, kepala sekolah (sambil menunjuk Kuswanto)," ujar Jokowi.

Kuswanto lantas mengucapkan terima kasih ke Jokowi. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberi hadiah sepeda kepada Kuswanto.

"Terima kasih. Pak presiden, bagusnya kalau guru penggerak itu bagusnya Pak Presiden, saya lulus jadi guru penggerak kemudian di SIMPKB dapat panggilan untuk mengikuti uji kompetensi dari jabatan fungsional guru ke jabatan fungsional pengawas. Alhamdulillah, saya lulus pak," ucap Kuswanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya