Bentrok Massa Pro Israel dan Palestina di Bitung, Ini Kronologinya

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Bitung – Polisi membeberkan kronologi bentrok massa aksi bela Palestina dengan ormas pro Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Pihak Kepolisian Resort Bitung mengungkapkan bahwa bentrok itu disebabkan karena adanya kesalahpahaman antara dua kelompok tersebut.

Prosepek Gencatan Senjata Menipis, Pemimpin Hamas dan Netanyahu Saling Menyalahkan

Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa menjelaskan, bentrok antar kelompok itu bermula saat salah satu ormas merayakan HUT ke-12 di wilayah GOR Dua Saudara, Bitung pada Sabtu 25 November 2023 sore.

"Awalnya ada acara yang digelar salah satu LSM sedang melaksanakan HUT yang ke-12. Mereka itu LSM masyarakat adat yang tengah menggelar acaranya di GOR Dua Saudara," ungkap Tommy kepada wartawan Sabtu malam 26 November 2023.

Lebih 2 Ribu Mahasiswa yang Bela Palestina di Seluruh AS Ditangkap Polisi

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Tommy mengungkap bahwa acara LSM itu telah mendapat izin resmi dari pemerintah dan kepolisian. Mereka diberi izin lantaran acara yang digelar merupakan kegiatan kebudayaan.

Menjelang Serangan Darat Israel, 100 Ribu Warga Gaza di Rafah Dievakuasi

"Kegiatan mereka sudah mendapatkan izin resmi baik dari Kesbangpol baik dari kepolisian untuk kegiatan itu, karena untuk kebudayaan," katanya

Saat acara ormas LSM itu digelar, kata Tommy, massa aksi bela Palestina melintas di lokasi yang sama hingga terjadi kesalahpahaman dan bentrok pun tak terhindarkan.

"Dari hasil penyelidikan sementara mereka bentrok karena ada salah paham antara kedua ormas ini. Karena ketika massa bela Palestina melintas tiba-tiba ada salah paham dan bentrok," katanya.

Atas kejadian itu, kata Tommy, aparat gabungan langsung diterjunkan ke lokasi dengan membubarkan bentrokan kemudian memperketat pengamanan di perbatasan Bitung demi mencegah keributan meluas.

"Personel Polres diterjunkan sebanyak 430, BKO dari Polda Sulut itu terkonfirmasi tadi sekitar 200, dibantu juga dari Brimob dan teman-teman dari TNI, dan Marinir," katanya.

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Sebelumnya telah diberitakan bentrok antar ormas di Kota Bitung. Dalam video yang beredar, terlihat saling serang ormas terjadi di jalanan Kota Bitung. Bentrok ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023. 

Informasi diperoleh, kelompok ormas yang bentrok itu merupakan massa pro Israel dan Palestina. Bentrok ini pun viral di media sosial.

"Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro lsraeI dan PaIestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023," tulis akun Instagram @fakta.indo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya