Bentrok di Sulut, Polisi: Bukan Massa Pro Israel, Tapi Hanya LSM Bitung

Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto
Sumber :
  • Dok Humas Polda Sulut

Sulut - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) memberi klarifikasi soal bentrok yang melibatkan dua massa yang dinarasikan antara massa pro Palestina dan pro Israel di Kota Bitung, Sulut.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menegaskan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa bentrok pro Palestina dan pro Israel itu sebenarnya tidak benar. Sebab, kata Irjen Setyo salah satu ormas yang bentrok bukan kalangan dari pro Israel tapi hanya ormas LSM Bitung.

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya


"Sebenarnya mereka berbeda, karena masing-masing pihak yang satu melaksanakan kegiatan. Kalau ormas yang satu itu gelar untuk peringatan hari ulang tahun yang ke-12, kemudian yang satu lagi kegiatan berhubungan dengan partisipasi aksi bela terhadap Palestina," kata Setyo dalam keterangannya, Minggu 26 November 2023.

Setyo menyebut jika pemicu bentrok itu diduga karena adanya kesalahpahaman antara kedua massa tersebut. Hanya saja, saat ini penyebab sebenarnya masih dalam penyelidikan kepolisian.

"Dugaan karena ada sesuatu dan lain hal kira-kira seperti itu sehingga terjadi ribut-ribut. Tapi ini masih dalam penyelidikan  lebih lanjut," katanya

Lebih jauh, Setyo mengungkap jika saat ini kondisi telah kondusif usai diterjunkannya aparat gabungan TNI-Polri. Kemudian, aksi massa disebut telah kembali ke kediamannya masing-masing. Namun, kata Setyo pihaknya masih melakukan pengamanan patroli agar situasi tetap kondusif dan aman.

"Kondisinya sedang kita fokuskan untuk meredam untuk bisa melakukan calling down, untuk bisa menetralisir supaya permasalahannya tidak semakin meluas," pungkasnya.

Sebelumnya telah diberitakan bentrok antar ormas di Kota Bitung. Dalam video yang beredar, terlihat saling serang ormas terjadi di jalanan Kota Bitung. Bentrok ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023. 

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang


Informasi diperoleh, kelompok ormas yang bentrok itu merupakan massa pro Israel dan Palestina. Bentrok ini pun viral di media sosial.

"Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro lsraeI dan PaIestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023," tulis akun Instagram @fakta.indo.

Polisi sweeping

Polisi Sweeping Massa Aksi Mau Demo di MK

Polisi melakukan penyekatan juga sweeping massa aksi yang bergerak melalui Pintu Tol Bekasi Barat 1 untuk ikut aksi di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Gambir, Ja

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024