Menhan Prabowo Subianto Serahkan 8 Helikopter Baru H225M ke TNI AU Rakitan Airbus dan PTDI

Menhan Prabowo Subianto Serahkan Helikopter Angkut Berat ke KSAU
Sumber :
  • Kementerian Pertahanan

Jakarta - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menyerahkan 8 unit helikopter angkut berat baru H225M kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, di Landasan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jumat, 1 Desember 2023. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Prabowo mengatakan, alutsista baru ini diberikan sebagai upaya untuk memperkokoh kekuatan pertahanan Indonesia. Kata Prabowo, pertahanan Indonesia harus kuat untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia.

Menhan Prabowo Subianto Serahkan Helikopter Angkut Berat ke KSAU

Photo :
  • Kementerian Pertahanan
Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Hari ini saya mendapat kehormatan diundang dalam upacara penyerahan helikopter H225M kepada TNI Angkatan Udara kita, termasuk juga simulator. Ini merupakan bagian dari upaya kita membangun kekuatan pertahanan kita," kata Prabowo kepada wartawan.

"Pertahanan negara adalah suatu tujuan nasional bangsa kita. Dan tujuan Republik Indonesia adalah melindungi segenap tumpah darah. Seluruh keselamatan bangsa, seluruh kekayaan bangsa, seluruh masa depan bangsa, hanya bisa dijamin oleh pertahanan yang kuat," sambungnya.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Dalam perakitan helikopter H225M ini, Airbus juga berkolaborasi dengan industri pertahanan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

"Kita saksikan penyerahan 8 helikopter H225M Airbus buatan Prancis, tapi juga kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Kita ada kerja sama jangka panjang dengan Airbus dan arahnya harus mampu produksi helikopter kita sendiri," ungkapnya.

Dikatakan Prabowo, Indonesia terus berupaya untuk merintis kerja sama dengan sejumlah negara mitra lainnya dengan harapan agar industri pertahanan nasional dapat semakin mandiri dan kuat.

"Kita merintis dengan negara-negara lain dan kita sangat optimis perkembangan industri pertahanan kita akan baik dan kuat. Kita bertekad memiliki angkatan udara yang tangguh lagi, lebih kuat lagi," tegas Prabowo.

"Alat-alat (alutsista) ini tidak bisa dibeli di supermarket, kalau kita butuh, datang untuk beli. Tidak. Kita pesan, nego lama kemudian menyusun spesifikasi, setelah tanda tangan kontrak, mungkin 4-5 tahun baru operasional. Kalau pesawat tempur, mungkin lebih lama lagi," sambungnya.

Acara penyerahan helikopter untuk TNI Angkatan Udara (TNI AU) ini secara simbolis ditandai dengan prosesi serah terima replika kunci serta miniatur Helikopter H225M oleh Menhan Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Rencananya, helikopter canggih ini akan memperkuat Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor. Sebagai helikopter angkut militer, H225M memiliki sejumlah keunggulan dan dapat digunakan untuk sejumlah misi, seperti misi seperti operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara. Helikopter ini juga dikenal sangat kuat, cepat, serta mampu terbang jarak jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya