Istana Bantah Jokowi Pernah Marahi Sudirman Said soal Setya Novanto

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Jakarta – Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana buka suara mengenai pernyataan Mantan Menteri ESDM Sudirman Said. Sebelumnya, Sudirman mengungkapkan bahwa pernah dimarahi oleh Presiden Jokowi saat melaporkan kasus Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada 2015 lalu.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Ari membantah pernyataan Sudirman Said. Dia menegaskan bahwa Jokowi tidak pernah memarahi Sudirman karena permasalahan itu.

"Tidak benar Presiden Jokowi memarahi Sudirman Said karena melaporkan Setya Novanto (Ketua DPR saat itu) ke MKD pada tahun 2015," ujar Ari dalam keterangannya, Sabtu, 2 Desember 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sudirman Said (Kanan).

Photo :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

Ari menjelaskan, faktanya pada tanggal 7 Desember 2015 di Istana. Presiden Jokowi sangat mengapresiasi proses terbuka yang telah dilakukan oleh MKD

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Presiden seperti disampaikan bapak Sudirman Said tanggal 7 Desember 2015 di Istana, justru sangat mengapresiasi proses terbuka yang telah dilakukan MKD dan terus mengikuti dari berbagai media dan stafnya. Presiden juga berpesan untuk terus mendidik masyarakat karena persoalan etika itu penting bagi publik," tegasnya.

Sebelumnya, Sudirman Said mengaku pernah dimarahi oleh Presiden Jokowi. Hal itu terjadi saat dia melaporkan kasus Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan pada 2015 lalu.

Laporan Sudirman itu mengenai Setya Novanto yang diduga mencatut nama Presiden Jokowi dan Wakilnya Jusuf Kalla terkait perpanjangan kontrak PT Freeport.

"Ketika saya melaporkan kasus Pak Novanto ke MKD itu Presiden sempat marah, saya ditegur keras dituduh seolah-olah ada yang memerintahkan atau ada yang mengendalikan. Padahal itu semata mata tugas saya sebagai pimpinan sektor," kata Sudirman kepada wartawan dikutip Sabtu, 2 Desember 2023.

Sudirman mengatakan, dirinya sudah menjelaskan kepada Jokowi bahwa tidak ada pihak manapun yang memerintahkan dirinya. Menurutnya, tindakan Jokowi itu sebagai bukti serangan sistematis yang datang dari pimpinan.

"Ini yang dibilang Pak Agus Raharjo dikatakan setting from the top itu tidak baik," ujarnya.

Dia menuturkan, jika pimpinan tinggi sampai menginstruksikan sesuatu, hal itu adalah serius. Sebab, termasuk dalam kategori menghalang-halangi penegakan hukum.

"Kalau pimpinan tertinggi sampai menginstruksikan untuk menghentikan sesuatu, apalagi sampai ada tinggi. Itu masuk menghalang-halangi penegakan hukum, itu hal serius," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya