Ternyata Korban Banjir Bandang yang Ditemukan Tewas Adalah Karyawan Hotel

Pencarian korban banjir bandang di Humbang Hasundutan
Sumber :
  • Istimewa

Humbang Hasundutan – Banjir bandang disertai dengan longsor terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara. Seorang korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Sabtu siang, 2 Desember 2023.

TKN: Relawan dan Saksi Pilpres Prabowo-Gibran Jadi Korban Penganiayaan di Tapanuli Tengah

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih menjelaskan korban itu dari hasil identifikasi. Diketahui bahwa korban bernama Dian Lubis berjenis kelamin laki-laki, warga warga Parsoburan, Kabupaten Toba.

"Korban tersebut, yang merupakan karyawan Hotel Senior Bakara. Ditemukan sekitar pukul 11.30," ucapnya Tuahta, Sabtu malam, 2 Desember 2023.

Kasus Bullying Anaknya Makin Disorot, Vincent Rompies Masih Bungkam

Banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara

Photo :
  • Istimewa

Untuk diketahui, Hotel Senior Bakara juga ikut mengalami kerusakan akibat peristiwa longsor dan banjir bandang tersebut. Selain itu, bencana alam ini, juga merusak sekitar 35 rumah warga, Gereja, fasilitas umum hingga lahan pertanian.

Santri di Makassar Tewas Dianiaya Seniornya hanya Karena Masalah Sepele

Tuahta mengungkapkan bahwa masih dapat 11 korban masih dinyatakan hilang dan akan dilakukan pencarian kembali tim SAR gabungan, Minggu besok, 3 Desember 2023.

"Satu dari 12 orang korban hilang telah ditemukan, sisanya 11 orang lagi masih dalam tahan pencarian," kata Tuahta.

Dalam proses pencarian dan evakuasi korban longsor dan banjir bandang itu, 100 orang, terdiri dari TNI 90 personil, Basarnas Pos Parapat 4 orang, BPBD Sumut 10 orang, bersama BPBD Humbahas dan aparatur Pemkab Hi terkait penanggulangan bencana lintas OPD. 

Berdasarkan data diperoleh dari data diperoleh, bahwa longsor disertai banjir bandang itu, terjadi pada Jumat malam, 1 Desember 2023, sekitar pukul 21.15 WIB.

Kemudian, pada Jumat pukul 21.15 WIB, terjadi luapan air yang membawa material longsoran berupa bebatuan yang sangat banyak dan berukuran besar mencapai sekitar 2,5 m3, yang merusak rumah penduduk, fasilitas umum dan lahan pertanian di Desa Simangulampe.

"Sementara begitu laporan kita, dan ini perkembangan selanjutnya akan kami sampaikan. Intinya mari sama-sama melakukan penanganan," ucap Tuahta. 

-Data korban hilang masih dalam pencarian tim SAR gabungan :

1. Pintar Simanullang (dalam pencarian)
2. Juni Silaban (dalam pencarian)
3. Adriano Silaban (dalam pencarian)
4. Tiamin Sinambela (dalam pencarian)
5. Lasroha Simanullang (dalam pencarian)
6. Eva Purba (dalam pencarian)
7. Kriston Siregar (dalam pencarian)
8. Desman Sihombing (dalam pencarian)
9. Op.Gomgom (dalam pencarian)
10. br Banjar (dalam pencarian)
11.br Simanjuntak. (Dalam Pencarian)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya