Fakta-fakta Doni Monardo Pernah Jadi Ketua Satgas COVID-19

VIVA Militer: Letjen TNI Doni Monardo saat menjabat Danjen Kopassus
Sumber :
  • kopassus.mil.id

Jakarta – Kabar duka datang dari Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Purn Doni Monardo yang baru saja dikabarkan meninggal dunia pada pukul 17.35 WIB, Minggu, 3 Desember 2023.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Sebelum meninggal dunia, Doni Monardo sempat dirawat intensif di Rumah Sakit  (RS) Siloam Semanggi, Jakarta. Mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD tersebut tutup usia di 60 tahun. Berikut fakta-fakta tentang Doni Monardo yang juga pernah jadi Ketua Satgas COVID-19 hingga Komandan Paspampres Era SBY. 

Kepala BNPB periode 2019-2021

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Mantan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo

Photo :
  • BNPB

Doni Monardo menjabat sebagai Kepala BNPB pada periode 2019-2021. Pada saat itu, Doni menggantikan Laksamana Muda Purn. Willem Rampangilei. Tugasnya sebagai Kepala BNPB terbilang tidak mudah lantaran sejak 2019 Indonesia kerap dihampiri oleh berbagai bencana. 

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Kemudian, Doni melepas jabatannya sebagai kepala BNPB pada Selasa 25 Mei 2021 lalu. Doni digantikan oleh Letnan Jenderal Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Ketua Satgas COVID-19

Doni Monardo

Photo :
  • Istimewa

Pada Maret 2020 lalu, Doni Monardo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala satuan tugas penanganan Covid-19 untuk memimpin penanganan pagebluk. Sehingga sosoknya sudah tak asing lagi berada di layar kaca selama pandemi COVID-19. 

Semasa kariernya di BNPB, Doni menjadi yang pertama membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam masa pandemi, yang menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Komandan Paspampres Era SBY

VIVA Militer: Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Doni Monardo

Photo :
  • Wikipedia

Selain pernah menduduki jabatan sebagai Kepala BNPB, Doni Monardo juga pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres di era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Doni juga sempat menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Informasi wafatnya mantan Kepala BNPB tersebut dibenarkan oleh Stafsus Kepala BNPB periode 2019-2020 Egy Massadiah dalam pesan singkatnya. 

"Telah meninggal dunia, Letjen (Purn) DR HC Doni Monardo, (Kelahiran 10 Mei 1963) pada hari Ahad 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT," kata Egy.

Mendiang Doni Monardo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada hari ini Senin, 4 Desember 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya