Kesaksian Fadli Selamat dari Erupsi Gunung Marapi, Dihujani Batu Panas hingga Jari Hampir Putus

Muhammad Fadli, salah satu pendaki yang selamat dari erupsi Gunung Marapi.
Sumber :
  • tvOne.

Sumatera Barat – Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, dilaporkan meletus pada pukul 14.54 WIB, Minggu, 3 Desember 2023. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mencatat ada 75 orang pendaki yang melakukan pendakian pada momen tersebut.

PVMBG Rekam Erupsi 102 Detik Gunung Semeru, Sumber Magma di Kedalaman 6 Kilometer

Momen meletusnya Gunung Merapi pun terekam jelas oleh Muhammad Fadli (20) dan 17 orang rekannya tiba-tiba dikejutkan fenomena alam tersebut. Padahal Fadli dan rombongnya kala itu hendak ingin turun mengakhiri aktivitas pendakian.

Tim SAR mengevakuasi korban erupsi Gunung Marapi di Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)
Gunung Semeru Erupsi Jumat Pagi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 400 Meter

Fadli pun menceritakan, letusan secara mendadak ini membuat dia serta semua pendaki panik berhamburan. Ia dan rekannya saat itu berada di cadas Gunung Marapi. Suara gemuruh begitu keras, lontaran abu vulkanik menjulang tinggi. Fadli, tak hentinya dihujani batu yang keluar dari kawah.

“Waktu terjadi letusan, batu-batu turun, kayak (kena) dilempar-lempar batu. Sakit badan. Hawa panas,” ujar Fadli di RSUD Padang Panjang, Selasa, 5 Desember 2023.

Gunung Semeru Kembali Erupsi Rabu Malam, Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

“Posisi kami ketika itu sedang berada di cadas. Letusannya tidak ada aba-aba, langsung meletus begitu saja,” sambungnya.

Fadli berupaya menyelamatkan diri. Ia berhasil berlindung di balik batu besar di tengah hujanan batu dari kawah. Di sampingnya, terdapat satu orang temannya.

Gunung Marapi di Sumatera Barat erupsi.

Photo :
  • PVMBG

“Saya berlindung di balik batu besar, di situ kami berlindung. Berdua berlindung sama teman,” ungkapnya.

Fadli pun kala itu mencoba menahan beban dengan tangannya. Di saat itulah, jarinya terkena hujanan batu hingga nyaris putus.

“Saya menahan batu pakai jari. Teman-teman pada jatuh semua, berserakan semuanya. Badan penuh abu vulkanik,” imbuhnya.

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang dari puluhan pendaki Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, yang terjebak di puncak menyusul erupsi gunung tersebut, Senin pagi, 4 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Dengan penuh luka dan badan melepuh, Fadli mencoba bangkit untuk perlahan berangsur turun. Ia saling perpegangan tangan dengan lima orang pendaki lainnya.

Fadli akhirnya ditemukan tim SAR setelah ia sempat menghubungi Pos Pendakian Bukit Palano. Ia bersma empat pendaki lainnya berhasil dievakuasi.

Laporan Andri Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya