Nanan Soekarna Siap Jadi Kapolri

Mabes Polri Pastikan Jenazah Teroris : Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Nama Komisaris Jenderal Nanan Soekarna disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat menggantikan posisi Jenderal Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri. Inspektur Pengawasan Umum itu mengaku siap mengemban tugas sebagai pemimpin Korps Bhayangkara.

"Serahkan pimpinan, serahkan di atas, dan perintah dilaksanakan," kata Nanan Soekarna saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 23 Juli 2010.

Dalam karirnya, lulusan terbaik angkatan 1978 ini telah menduduki sejumlah jabatan penting. Nanan pernah menjabat Kapolres Jakarta Timur, sebelum akhirnya dipromosikan menjabat Wakapolda Metro Jaya pada tahun 2004.

Nanan juga pernah menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Barat. Pada tahun 2008, putra kelahiran Jawa Barat itu dipromosikan menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Dimana posisi Kapolda Sumut ini dikenal sebagai 'kawah candradimuka' bagi para calon Kapolri. Sebagaimana diketahui, Sutanto dan Bambang Hendarso Danuri juga mantan Kapolda Sumut sebelum menjabat sebagai Kapolri.

Nanan menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Nurudi Usman yang dimutasi sebagai staf ahli sejak 3 Agustus 2008. Namun, waktu menjabat Kapolda Sumut ini Nanan tersandung masalah .

Dia dinilai ikut bertanggung jawab atas kerusuhan di depan kantor DPRD Sumatera Utara yang menewaskan Ketua DPRD, Abdul Aziz Angkat. Waktu itu, Abdul Aziz Angkat tengah memimpin rapat paripurna DPRD membahas pemekaran Provinsi Tapanuli. Abdul Aziz meninggal setelah para demonstran menerobos masuk barisan penjaga keamanan yang saat itu dinilai sangat kurang.

Kejadian tanggal 3 Februari itu dinilai sebagai sebuah kesalahan dari aparat keamanan. Sebagai konsekuansi, Nanan yang menjabat Kapolda Sumut dituntut untuk bertanggung jawab. Kerusuhan itu kemudian diusut oleh Inspektur Jenderal Badrodin Haiti yang saat itu menjabat sebagai Direktur Kamtanas Bareskrim dengan pangkat Brigjen.

Akhirnya, Nanan dicopot dari jabatannya. Dia dijadikan staf ahli Kapolri di Mabes Polri, akhirnya menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Abubakar Nataprawira yang memasuki masa pensiun.

Kini, Nanan tengah menjabat sebagai Irwasum Mabes Polri. Nanan yang kini menyandang pangkat bintang tiga itu menggantikan Komisaris Jenderal Jusuf Manggabarani yang diangkat sebagai Wakapolri sejak Januari 2010.

Selain Nanan, nama-nama yang sering disebut menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Bambang Hendarso yakni Inspektur Jenderal Polisi Timur Pradopo yang menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Oegro Seno yang tengah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Pratiknyo yang menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Imam Sudjarwo, dan Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Ito Sumardi. (sj)

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Harga limit mobil Rubicon ini bakal diturunkan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024