Libur Nataru, Menteri Basuki Ungkap Kemantapan Jalan Jawa-Bali 96,43 Persen

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan untuk jalanan nasional tambahannya tidak terlalu banyak saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

"Untuk jalan nasional tambahannya tidak terlalu banyak tetapi kemantapannya bertambah," kata dia kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Antara
Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

Dia menjelaskan, di Pulau Jawa dan Bali yang menjadi favorit untuk perjalanan libur Nataru, sepanjang 7.090 KM kemantapan jalannya sekitar 96,43 persen. Diantaranya, lanjut Basuki, mengganti 37 jembatan.

"Di Jawa ini tersebar di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, semuanya sudah selesai pada semuanya final pada 19 Desember. Ini sudah selesai beberapa sudah diresmikan, tapi ke 37 jembatan tersebut InsyaAllah sudah akan selesai 19 Desember ini, itu untuk jalan nasional," katanya.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Lebih lanjut dia mengatakan, jalan tol yang sudah dioperasikan sampai dengan tahun 2023 dari yang sebelumnya 2816 ada tambahan 357 KM. Dari 357 KM itu, kata Basuki, yang sudah dioperasikan 236 KM.

"Nanti selanjutnya 121 KM dioperasikan secara fungsional. Itu tersebar juga di Jawa dan di Sumatera," katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan diprediksi bakal ada peningkatan arus lalu lintas saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024. Hal itu diungkap pasca rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadiri persiapan rangkaian kegiatan Nataru.

"Dimana diprediksi dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan terkait dengan arus mudik dan arus balik," ujar dia kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya