Terpopuler: AS Beli Air Berat di Iran Untuk Reaktor Nuklir, Elektabilitas Anies-Cak Imin Melejit

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Round Up – Pembaca laman News di VIVA sepanjang Senin kemarin 11 Desember 2023, punya perhatian khusus untuk berita tentang Amerika Serikat atau AS yang membeli air berat ke Iran untuk bahan nuklir. Ini menjadi salah satu berita yang banyak diminati, hingga bertengger di deretan terpopuler bersama berita-berita lainnya.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Untuk terpopuler pertama, ada kumpulan berita terpopuler sepanjang hari sebelumnya. Seperti soal Rocky Gerung yang sentil PDIP dan beberapa berita lainnya.

Terpopuler kedua, pengakuan seorang diplomat Iran yang menyebut kalau AS membeli air berat di negaranya itu untuk reaktor nuklir.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Lalu berita terpopuler ketiga, ada penegasan dari bos PT Freeport Indonesia. Dimana ia mengatakan kalau perusahaan yang dipimpinnya tersebut selalu memprioritaskan orang asli Papua. Dia memaparkan buktinya.

Untuk terpopuler keempat, tentang survei capres-cawapres. Walau belum bertengger di urutan pertama, tetapi elektabilitas Amin (Anies-Cak Imin) melesat tinggi. Itu berdasarkan survei Litbang Kompas. Apa penyebabnya?

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Sedangkan terpopuler kelima, datang dari kubu Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri. Pihak Firli menyebut alasan kenapa eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, SYL, melaporkan Firli dalam kasus dugaan pemerasan. Yakni takut jadi tersangka di KPK.

Kelima berita tersebut, kami rangkum dalam Round-Up. Yakni kumpulan berita terpopuler. Berikut kelima berita itu:


1. Terpopuler: Rocky Sentil PDIP, 'Polisi' Sambo Dapat Jabatan, dan Komika Lampung Ditahan

Komika Aulia Rakhman ditetapkan tersangka oleh Polda Lampung.

Photo :
  • tvOne/ Pujiansyah (Lampung)

Ada tiga artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang tayang sepanjang Minggu (10/12/2023) kemarin. Dari ketiga artikel itu terkait pemberitaan tentang Tanggapan Rocky Gerung kepada PDIP,  Polri beri jabatan kepada polisi yang terseret kasus Sambo dan Komika Aulia Rakhman Ditetapkan Tersangka.

Lanjutkan membaca


2. AS Diam-diam Beli Air Berat Iran untuk Nuklir Melalui Prantara

Tur media pembangunan kembali reaktor nuklir air berat di Kota Arak, Iran,

Photo :
  • ANTARA FOTO/West Asian News Agency via REUTERS/

Seorang diplomat top Iran, pada Sabtu, 9 Desember 2023, membeberkan bahwa Amerika Serikat (AS) membeli air berat Iran untuk reaktor nuklir melalui perantara meskipun ada sanksi. Berbicara di sebuah acara di ibu kota Iran, Teheran, Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, mengulangi informasi yang dibagikan oleh para pejabat badan nuklir Iran.

Lanjutkan membaca


3. Bos Freeport Kasih Bukti Orang Asli Papua Jadi Prioritas Perusahaan

Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Toni Wenas mengatakan, saat ini banyak putra-putri asli Papua yang telah berkarir dan menempati posisi strategis di PTFI. Hal itu menegaksan komitmen perusahaan bahwa Orang Asli Papua (OAP) menjadi prioritas utama perusahaan tambang tersebut.

Lanjutkan membaca


4. Elektabilitas Amin Melesat versi Litbang Kompas, Pengamat: Peluang Menang Semakin Besar

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di kantor KPU.

Photo :
  • Dok. PKS

Survei Litbang Kompas mencatatkan perkembangan kenaikan elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dalam survei terakhirnya yang dilakukan tanggal 29 November hingga 4 Desember 2023. Saat ini pasangan tersebut berada di posisi kedua setelah menyalip pasangan Ganjar-Mahfud MD.

Lanjutkan membaca


5. Kubu Firli Bahuri Sebut SYL Bikin Laporan ke Polda Metro karena Takut Jadi Tersangka di KPK

Pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Pengacara ketua nonaktif KPK Firli Bahuri mengatakan, mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) membikin laporan dugaan pemerasan ke Polda Metro Jaya karena dirinya takut dijadikan tersangka korupsi di KPK.

Lanjutkan membaca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya