Ganjar Singgung Ketua BEM Suarakan Demokrasi, Ibunya Malah Diperiksa Polisi

Debat Capres-Cawapres Pertama Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyoroti adanya masyarakat yang menyampaikan suara demokrasi tapi ditangkap aparat. Atas dasar itu, Ganjar menegaskan demokrasi harus ditegakkan.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Ada Ibu Sinta yang yang ketika menyuarakan pendapat harus berurusan dengan aparat keamanan, ada Melki Ketua BEM, ibunya diperiksa, maka yang seperti ini harus mendapatkan keadilan," katanya, Selasa 12 Desember 2023.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, dirinya pun menemukan adanya masyarakat Dayak yang menyuarakan kesetaraan supaya dapat akses kehidupan yang sama.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

"Semua ini bisa berjalan kemudian pemerintah bersih, pemerintah hanya bisa akomodatif dan sikat korupsi tidak dengan kata-kata, dengan keseriusan," katanya.

Lebih lanjut Ganjar meyakini dirinya dan Mahfud MD yang merupakan pasangan capres cawapres yang bisa menyelesaikan masalah hukum bersama.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat perdana untuk calon presiden (capres) 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023. Dalam debat itu, masing-masing capres hanya diberikan waktu 60 detik atau satu menit untuk saling menanggapi.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menyatakan para capres dapat saling menanggapi saat segmen 2, 3, 4 dan 5. Di tiap segmen itu, nantinya akan ada sesi tanya jawab yang dipandu moderator. 

“Kesempatan terakhir bagi si calon yang ditanya tadi untuk menjawab, merangkum, langsung merangkum 2 capres lain untuk kesempatan menjawabnya atau meresponsnya adalah 60 detik, berarti 1 menit. Itu terus berulang seperti itu,” kata Hasyim di kantor KPU, Senin, 11 Desember 2023.

Simak selengkapnya debat capres di YouTube VIVA.co.id berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya