Ketika Jenderal TNI Maruli Turun Tangan Punguti Sampah di Sepanjang Pantai Borkal Sulsel

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak Sisir Sampah di Pantai Borkal
Sumber :
  • Dispenad

Bantaeng - Jenderal TNI Maruli Simanjuntak tak tinggal diam melihat Pantai Borkal, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, dipenuhi sampah. Tak bersantai di sana, Jenderal Maruli turun tangan dengan langsung memunguti sampah plastik yang berada di sepanjang pantai.

Sosok Shella Ghivitamala, Kowad Cantik Pernah Bertugas di Lebanon

Meski menyandang status Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), ia tetap membumi memimpin pembersihan Pantai Borkal dari limbah. Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso turut mendampinginya.

Maruli jelaskan kehadirannya di Bantaeng adalah berkat komunikasi yang baik antara TNI AD dengan eSeaweed Indonesia Foundation, Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemkab Bantaeng, serta pihak terkait lainnya.

Jenderal TNI Maruli: Kalau Mau Dihormati Prajurit, Komandan Satuan Jangan Cuma Foto Doang

“Karena komunikasi saya bersama Pak Hamid Awaludin, yang kebetulan istrinya (Andi Marcelya Awaludin) merupakan Ketua Umum eSeaweed Indonesia Foundation, yang sudah lama memikirkan bagaimana supaya program pembersihan khususnya sampah plastik di Bantaeng ini, dapat didukung oleh semua elemen,” kata Maruli, dalam keterangannya, Kamis, 12 Desember 2023.

Pelantikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Photo :
  • Biro Setpres
Sosok Jenderal TNI Bintang 1 Termuda, Eks Pentolan Grup 2 Kopassus

Dia menyebut pembersihan sampah di Pantai Borkal adalah awal dari proses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Salah satu caranya lewat rencana pemanfaatan komoditi rumput laut ke depannya.

“Dalam perjalanan ini, kami berdiskusi di Angkatan Darat, ini perlu dilakukan di seluruh Indonesia. Hari ini  dilaksanakan di delapan Kabupaten di Sulawesi Selatan. Dalam waktu dekat kita akan selenggarakan di seluruh Indonesia, secara bertahap nantinya," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menegaskan, bakal ada reward bagi satuan jajaran TNI AD yang dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan melakukan tindakan nyata berupa pembersihan sampah maupun penamanan pohon. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi bencana alam yang rawan terjadi di musim penghujan seperti saat ini.

"Dari Kabupaten Bantaeng ke seluruh Indonesia. Saya berharap Pangdam dan jajarannya berlomba-lomba melanjutkan program ini, dan saya akan memberikan reward untuk wilayah yang bisa memberikan bukti,” ujar Maruli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya