Tiba di Tokyo, Presiden Jokowi Temui PM Kishida

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida
Sumber :
  • Istimewa/Biro Pers Istana Kepresidenan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang, pada Sabtu, 16 Desember 2023, sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Kedatangan Presiden Jokowi disambut Wakil Menteri Luar Negeri Parlemen Jepang Komura Masahiro, Kepala Protokol Jepang Shimada Takehiro, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Diplomat Senior Jepang Duta Besar Masaki Yasushi, dan Atase Pertahanan KBRI Tokyo Laksma TNI Azwan Yusuf.

Dari Bandara Internasional Haneda, Presiden Jokowi kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama di Tokyo.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Sejumlah menteri tampak menyambut kedatangan Presiden Jokowi di hotel, karena mereka telah berada di Tokyo untuk mempersiapkan kunjungan kerja Presiden tersebut.

Para menteri tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, dan Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida yang akan digelar di Kantor PM Jepang.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi diagendakan untuk menghadiri jamuan makan malam bersama PM Kishida dan Ibu Yuko Kishida di Geihinkan, The State Guest House, Akasaka Palace, Tokyo.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja di Tokyo adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi akan membahas kerja sama ekonomi, kerja sama di bidang infrastruktur, transisi energi, mineral kristis dan kerja sama maritim ketika bertemu PM Kishida. Lalu, Jokowi dan PM Kishida akan memimpin KTT perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang dengan tema ‘Golden Friendship, Golden Opportunity’.

“KTT ini akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan, antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific,” jelas dia.

Kemudian, Jokowi juga akan menghadiri KTT AZEC yg pertama, setelah diluncurkan disela-sela KTT G20 di Bali beberapa waktu yang lalu. Sebagai co-inisiator AZEC, kata dia, Indonesia akan mengedepankan semangat kolaborasi yang inklusif untuk mewujudkan kawasan bebas emisi.

“KTT iniakan dihadiri oleh Jepang sebagai co-inisiator, Australia, serta negara anggota ASEAN.
Pada 19 Desember 2023, Insya Allah saya dan rombongan terbatas akan tiba kembali di Tanah Air,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya