Habiskan Biaya Rp 50 Miliar, Jokowi Resmikan Jembatan Otista Kota Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jembatan otista di Bogor
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 19 Desember 2023. Diketahui, jembatan ini diperbaiki sejak awal tahun 2023.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya resmikan Jembatan Otto Iskandar Dinata Kota Bogor,” kata Jokowi.

Menurut dia, jembatan ini menjadi salah satu problem di Kota Bogor karena melebar dan menyempit di jembatan tersebut. Makanya, kata dia, dilakukan perbaikan terhadap jembatan tersebut. Adapun, anggaran biaya sekitar Rp50 miliar.

Wapres Ma’ruf Amin: Presidential Club Tak Harus Bentuk Formal

“Kalau kita lihat sekarang sudah lebih dari cukup. Rp 50-an miliar,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jembatan otista di Bogor

Photo :
  • Tangkapan layar
Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Sementara Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan jembatan ini dibangun tahun 1920 dengan ciri khas pondasi lengkung yang ada di bawah jembatan. Kemudian, jembatan ini sempat dilebarkan pada tahun 1970 dan menjadi arus utama di Kota Bogor tahun 1990.

“Tahun 2015, kami lakukan kajian dan diberlakukan sistem 1 arah untuk mengurangi kemacetan. Tapi ternyata, titik ini titik penyempitan utama. Maka, warga meminta pemerintah untuk melebarkan ini,” jelas dia.

Selanjutnya, Bima mengatakan Pemerintah Kota Bogor mengajukan permohonan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan akhirnya disetujui tahun 2020 untuk dilakukan perbaikan. Namun, kata dia, terjadi pandemi COVID-19 sehingga ada rasionalisasi anggaran makanya ditunda. “Baru awal tahun ini jembatan dibangun,” ungkapnya.

Walikota Bogor, Bima Arya

Photo :
  • VIVA | Muhammad AR (Bogor)

Menurut dia, jembatan ini dibagun sekitar 7,5 bulan. Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat karena sudah sabar dengan kemacetan tapi juga berkurangnya pendapatan warga.

“Terima kasih kepada Pak Kapolres, Pak Dandim, Forkopimda. Tidak mungkin tanpa kolaborasi jalan ini dapat selesai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya