HAB Ke-78, Kemenag Bakal Gelar Doa dan Sejuta Puisi untuk Palestina

Kantor Kementerian Agama
Sumber :
  • antara

JakartaKementerian Agama (Kemenag) akan merayakan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 pada 3 Januari 2024 mendatang. Dalam perayaan tersebut, sejumlah rangkaian acara telah disiapkan termasuk Gelar Doa dan Sejuta Puisi untuk Palestina. Acara HAB Ke-78 ini mengusung tema Indonesia Hebat Bersama Umat.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

“Kita akan menyongsong HAB ke-78 dengan tema Indonesia Hebat Bersama Umat. Tema ini terinspirasi dari sebuah kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan kerukunan umat dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” terang Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo pada awak media di Jakarta, pada Selasa, 19 Desember 2023.

Foto ilustrasi: Aksi 115 Bela Palestina.

Photo :
  • Syaefullah/VIVA.co.id
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

“HAB ke-78 diperingati dalam suasana pemilu. Kami ingin menyampaikan pesan bahwa perbedaan pilihan tidak boleh merusak kebersamaan umat. Sebab, kebersamaan umat itulah kunci menuju Indonesia hebat,” lanjutnya.

Logo HAB ke-78, kata Wibowo, dikemas sedemikian rupa dengan motif batik kawung dan dominan warna hijau dan ungu. Logo ini ingin menyampaikan pesan bahwa Kemenag ingin terus melaju tanpa melupakan asal usulnya (batik kawung), saling gotong royong dan menguatkan, mewujudkan Indonesia maju berdasarkan Pancasila.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Sementara itu, warna hijau melambangkan ketenangan, kedamaian, dan kesegaran. Sementara warna ungu mewakili kebijaksanaan dan spiritualitas.

Acara tersebut bernuansa peneguhan syukur dan komitmen kebangsaan dalam bentuk Apel HAB yang akan dipusatkan di Tugu Proklamasi, pada 3 Januari 2024 dan Bakti Sosial.

Giat yang sama digelar Kanwil Kemenag provinsi dan Kankemenag Kab/Kota di seluruh Indonesia. 

HAB juga diisi dengan gerakan kepedulian terhadap sesama dalam bentuk doa dan pentas puisi untuk Palestina pada 2 Januari 2024. Sejumlah penyair yang dijadwalkan berpartisipasi dalam Sejuta Puisi untuk Palestina, yaitu Gus Mus, D Zawawi Imron, Sutardji Calzoum Bachri, Sosiawan Leak, Ine Febriyanti, dan Olivia Zaliyanti.

Para peserta aksi munajat kubro PA 212 menyerukan kemerdekaan Palestina di Monas

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

“Kita akan serahkan juga hasil penggalangan dana Kemenag Peduli sebagai wujud kepedulian keluarga besar Kementerian Agama kepada Palestina. Dana yang terhimpun akan kita salurkan melalui LAZISNU dan LAZISMU,” sebut Wibowo.

Kemudian, pada puncak acara HAB ke-78, dikemas dalam bentuk Devotion Experience atau Dev-X. Ajang ini dikemas secara Pop Festival, menggabungkan antara dialog, edukasi, inovasi, inspirasi, serta jejaring & hiburan. Dev -X akan berlangsung tiga hari, 5 – 7 Januari 2024 di JCC Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya