Puncak Nataru, Kepadatan Penyeberangan di Pelabuhan Merak Diprediksi Meningkat 15 Persen

Ilustrasi Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay

Merak – Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (nataru) terus dipersiapkan PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak. Puncak kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, dengan kenaikan diperkirakan mencapai 15 persen dibanding tahun lalu.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Kenaikan 15 persen itu, prediksi kenaikan momen nataru 2023 itu kita di sekitar 13.447 kendaraan," ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten Benny Nurdin Yusuf, Selasa, 19 Desember 2023.

Melihat kapasitas dermaga, Benny meyakini tidak akan terjadi kepadatan lalu lintas hingga keluar Pelabuhan Merak. Meski begitu, pihaknya tetap menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Ilustrasi Dermaga II Pelabuhan Merak, Banten.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Tim pengawasan yang melibatkan BPTD, Pelindo, PT ASDP, hingga operator kapal juga telah dibentuk. Mereka telah diberi pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) jika terjadi kepadatan antrean kendaraan yang akan menyeberangi Selat Sunda.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Artinya dengan kondisi seperti ini, kita dengan isi kapasitas dermaga masih aman, tapi tetap kita antisipasi, kita cermati, kita juga sudah membentuk tim pengawasan bersama," ujarnya.

Jalan Cikuasa Atas hingga sejumlah rest area di Tol Tangerang-Merak akan dijadikan kantung parkir, jika terjadi penumpukan kendaraan di dalam Pelabuhan Merak.

"Seperti Cikuasa Atas, gerbang tol, rest area 43-68 itu semua. Pola angkutan lebaran itu juga tetap kita berlakukan, seperti delaying system dan sebagainya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya