Polda Papua Siapkan Pengamanan untuk Jenazah dan Keluarga Lukas Enembe

Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe di persidangan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta – Mantan gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa, 26 Desember 2023, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sekira pukul 10.45 WIB. Jenazah Lukas akan dipulangkan ke Jayapura, Papua beosk.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Igantius Benny Ady Prabowo mengatakan bahwa jajarannnya akan siap memberikan pengamanan terhadap jenazah hingga keluarga Lukas Enembe.

"Kita sudah melakukan upaya antisipasi juga, intinya kita akan memberikan pengamanan pihak keluarga yang berduka untuk pemakaman, secara ini, ya, layaknya mantan pejabat negara," ujar Ignatius kepada wartawan, Selasa.

Abah Anton Ngaku Tak Kapok Maju Pilkada Kota Malang: Ulama Milih Kita untuk Lakukan Perubahan

Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Dia menuturkan bahwa semua pengamanan akan tetap disiapkan tetapi untuk upacara pemakaman tetap dilakukan menggunakan tradisi di Papua.

Terkuak! SYL Juga Modalin Cucunya Sunatan Pakai Duit Korupsi di Kementan

"Nah, kita masih menunggu informasi dari pihak keluarga terkait nanti untuk rencana pemakamnnya bagaimana. Nah, ini kan internal dari orang Papua, yang punya tradisi gitu, tapi kalau terkait dengan yang dikhawatirkan itu semoga tidak terjadi," ujarnya.

Pengacara Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, mengatakan bahwa rencananya jenazah Lukas akan dibawa ke rumah duka di Jayapura, Papua, besok. Malam ini akan disemayamkan lebih dulu di rumah duka RSPAD.

Petrus belum dapat memastikan jenazah Lukas akan langsung dimakamkan atau tidak ketika tiba di Papua. Dia hanya memastikan besok baru diberangkatkan ke Papua.

Seorang petugas sedang membersihkan logo Gedung KPK di Jakarta (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Jadi kita belum tahu rencananya di Papua seperti apa, karena kami masih di kamar perawatan dan belum berpindah ke rumah duka. Kami juga belum melakukan koordinasi dengan Pemda seperti apa dan keluarga seperti apa," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya