Kapolri Sebut Satgas Madago Raya Bakal Terus Beroperasi: Untuk Pemulihan Keamanan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta -- Sepanjang tahun 2023 total ada 146 tersangka teroris berhasil ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Polri mengedepankan langkah preventif straight, preventif straight kami lakukan untuk meniadakan serangan teror sepanjang tahun 2023 dan berhasil menangkap 146 orang tersangka dimana empat di antaranya dilakukan penegakkan hukum oleh Operasi Madago Raya 2023," ujar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Rabu 27 Desember 2023.

Dia mengatakan, Satgas Madago Raya sampai sekarang masih terus beroperasi walau para teroris jaringan MIT sudah tak ada. Menurut dia, Satgas Madago Raya bakal beroperasi dengan tujuan pemulihan.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Meskipun kelompok MIT sudah berhasil ditumpas namun, operasi terus dilakukan untuk pemulihan keamanan," kata dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri
Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Mantan Kapolda Banten tersebut mengatakan, para mantan pelaku terorisme yang telah berhasil dideradikalisasi sepanjang tahun 2023 jumlahnya tidak sedikit. Menurut dia, jumlahnya mencapai ribuan orang.

"Kami melakukan deradikalisasi sehingga terbebas dari ideologi yang menyimpang. Terdapat 4.892 napiter dan keluarganya yang berhasil dilakukan deradikalisasi yang di mana 256 orang di antaranya saat ini berstatus hijau dan bersedia melepas baiat untuk setia kepada NKRI," ujar Listyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya