Polisi Minta Bantuan Tokoh di Papua Agar Arak-arakan Jasad Lukas Enembe Tak Ricuh

Mendiang mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta
Sumber :
  • Antara

Jayapura - Ribuan personel gabungan bakal mengawal iring-iringan jasad eks Gubernur Lukas Enembe menuju ke Koya Tengah Distrik Muara Tami dari daerah Stakin Sentani yang merupakan tempatnya disemayamkan. Rencananya, Lukas Enembe bakal dimakamkan Kamis sore ini.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Dari sana, jenazah almarhum akan dibawa ke Koya Tengah di kediamannya, yang mana kami juga akan melakukan pengamanan agar prosesi dapat berjalan dengan khidmat, baik dan juga tertib," kata Kapolres Kota Jayapura, Komisaris Besar Polisi, Victor Dean Mackbon, Kamis, 28 Desember 2023.

Lukas Enembe, Sidang Tuntutan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Dia mengatakan, pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan instansi terkait karena sistem pengamanan akan berubah. Hal itu lantaran tergantung dari kondisi rangkaian tahapan kegiatan prosesi pemakaman tersebut.

Menurut dia, dalam proses pemakaman tokoh seperti Lukas Enembe butuh dukungan dan peran para tokoh di Papua. Dukungan itu mulai dari tokoh agama, hingga tokoh adat diperlukan untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat agar dalam rangka menyampaikan bela sungkawa bisa berjalan tertib. Upaya itu bisa seperti dengan menghentikan aktifitas sementara untuk menghormati jasa almarhum.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Tentunya ini menjadi rasa duka cita kita semua masyarakat Papua terhadap almarhum. Jadi, pastinya akan banyak masyarakat yang akan menyambut almarhum dalam penjemputan di Bandara Sentani hingga ke peristirahatan terakhir di kediaman almarhum di Koya Tengah,” jelas Victor.

“Kita berharap tidak ada penumpukan di sepanjang jalan dengan waktu yang cukup lama. Jadi, kami mengimbau kepada warga masyarakat agar aktivitas juga bisa dihentikan sementara untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum," katanya.

Diketahui, sebanyak 1.000 personel disiagakan saat kedatangan jenazah eks Gubernur Lukas Enembe ke Papua. "Polda menyiagakan 1000 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Prabowo, kepada wartawan, Kamis 28 Desember 2023.

Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa, 26 Desember 2023 akibat sakit gangguan ginjal. Mantan Gubernur Papua ini meninggal saat menjalani hukuman dalam kasus korupsi.

Lukas dinyatakan bersalah menerima suap dan dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp1 miliar serta uang pengganti Rp47,8 miliar. Lukas Enembe juga sempat ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Terkait kasus Lukas, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, menyampaikan penyidikan kasus yang menjerat mantan Ketua DPD Demokrat Papua itu dihentikan karena meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya