'Kotak Pandora' Sudah Ditemukan, Eks Penyidik Yakin Harun Masiku Segera Ditangkap KPK

Harun Masiku
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap meyakini buronan Harun Masiku segera ditangkap lembaga antirasuah itu. Hal itu diyakini, lantaran KPK dinilai sudah mulai menemukan kotak pandora. 

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

"KPK sudah mulai menemukan kotak pandora dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap Wahyu Setiawan, eks komisioner KPU yang ternyata sudah bebas bersyarat," kata Yudi dalam keterangannya, Kamis, 28 Desember 2023. 

Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK, Yudi Purnomo

Photo :
  • VIVAnews/Edwien Firdaus
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Yudi menyebut, Wahyu Setiawan akan dicecar penyidik KPK mengenai keberadaan Harun Masiku maupun petunjuk-petunjuk lain dalam pemeriksaannya. Petunjuk itulah yang nantinya bisa digunakan untuk mencari dan menangkap Harun Masiku.

"Petunjuk lain dari keterangan Wahyu Setiawan bisa digunakan oleh penyidik untuk mencari keberadaan Harun Masiku," ungkapnya.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Menurut Yudi, Harun Masiku sudah terlalu lama menjadi buron. Padahal, kalau tertangkap, mungkin Harun sudah bebas bersyarat saat ini seperti Wahyu Setiawan selaku penerima uang suap.

Lebih lanjut, Yudi meyakini di bawah kepemimpinan Nawawi Pamolango sebagai Ketua KPK sementara, Harun Masiku akan segera ditangkap. Dia menyebut, Nawawi akan memimpin penyelidik, penyidik dan pegawai KPK untuk totalitas memburu Harun yang sudah menjadi buron hampir empat tahun lamanya.

"Sebab, sudah hampir empat tahun Harun Masiku buron, tentu dia membutuhkan logistik, uang dan tempat tinggal semasa pelariannya," pungkas Yudi.

KPK Periksa Wahyu Setiawan

Sebelumnya diberitakan, eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan memenuhi panggilan penyidik KPK untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi atas kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 yang menjerat eks calon legislatif PDIP Harun Masiku.

Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat menjalani pemeriksaan di Gedung KPK

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Wahyu tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 09.49 WIB. Dia tampak mengenakan kemeja biru muda dan membawa amplop cokelat.

"Saya dimintai hadir oleh penyidik terkait dengan Harun Masiku," kata Wahyu kepada wartawan, Kamis, 28 Desember 2023.

Wahyu menyebut, dirinya hanya membawa dokumen saat menghadiri pemeriksaan tersebut. Meski demikian, dia tidak menjelaskan lebih lanjut isi dokumen yang dibawa itu. "Bawa dokumen," singkatnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya