Masih Jadi Misteri, Begini Detik-detik Hilangnya Mahasiswa IPB di Pulau Sempu

Pencarian mahasiswa IPB yang hilang di Pulau Sempu.
Sumber :
  • Dok Polres Malang Via Uki Rama.

Malang – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Galang Edi Swasono (20 tahun) dilaporkan hilang di Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada Rabu, 27 Desember 2023. Sampai saat ini Polres Malang masih berusaha melakukan pencarian pada Galang.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Kasi Humas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan menuturkan kronologis awal Galang hilang setelah terpisah dari rombongan penelitian bersama sejumlah mahasiswa lain di blok Telaga Lele, Pulau Sempu. Polisi lalu mendapat laporan dari warga pada pukul 20.00 WIB, Rabu, 27 Desember 2023 kemarin. 

"Dia mahasiswa asal Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah," kata Adnan, Kamis, 28 Desember 2023.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Diketahui, Galang adalah mahasiswa Fakultas Kehutanan Dan Lingkungan, Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan Dan Ekowisata Semester 5. Hasil pengumpulan bahan dan keterangan Galang dinyatakan hilang usai terakhir terlihat pada pukul 09.00 WIB ketika memisahkan diri dari rombongan berjumlah keseluruhan 29 orang.

Pencarian mahasiswa IPB yang hilang di Pulau Sempu.

Photo :
  • Dok Polres Malang Via Uki Rama.
Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Penelitian tersebut sedianya terbagi menjadi dua lokasi dengan rincian Telaga Lele berjumlah 23 orang dan lokasi Segara Anakan 5 orang. Kegiatan penelitian mencangkup bidang pengamatan terhadap flora dan fauna, gua hingga fotografi konservasi. Kegiatan ekspedisi tersebut diketuai oleh Galang yang merangkap jabatan sebagai pemerhati Herpetofauna.

"Menurut keterangan saksi, diketahui yang bersangkutan melakukan aktivitas sendirian dan pada saat jam makan siang, ternyata Galang belum kembali," ujar Adnan. 

Saat rombongan menyadari Galang belum kembali, puluhan mahasiswa ini akhirnya memutuskan untuk memulai pencarian. Hingga pukul 23.00 WIB Rabu kemarin, belum ada tanda-tanda keberadaan Galang. 

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kemudian diteruskan ke Pos Polairud dan Polsek Sumbermanjing Wetan. Petugas gabungan, terdiri dari Polairud, Polsek Sumbermanjingwetan, TNI AL, dan relawan langsung merespons laporan tersebut. 

Pencarian dilakukan dengan menggunakan kapal boat yang menyisir titik terluar Pulau Sempu. Petugas sempat menemui kendala karena hampir di seluruh kawasan Pulau Sempu tidak ada sinyal komunikasi yang dapat diakses.

Pencarian empat penumpang yang tenggelam bersama KM ) Dewaruci Perkasa. Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id / Januar Adi Sagita (Surabaya)

“Kendala pencarian faktor cuaca serta keterbatasan sinyal, namun kita terus mengupayakan pencarian melalui jalur darat maupun perairan,” tutur Adnan.

Sampai saat ini personel gabungan masih melakukan pencarian terhadap Galang. Pencarian dilakukan melalui jalur darat maupun perairan. Polisi mengimbau masyarakat yang memiliki informasi terkait keberadaan Galang untuk segera melaporkan kepada petugas. “Harapannya pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan segera membawa hasil positif dalam waktu secepatnya," kata Adnan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya