Relawan Prabowo di Sampang Ditembak dengan Peluru Kaliber 22, Kata Kapolda Irjen Imam

Senjata api (foro ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Surabaya – Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto mengatakan Muarah (48), relawan pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ditembak dengan peluru kaliber 22 mm. Korban Muarah ditembak oleh orang tak dikenal atau OTK

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

Imam menduga senjata api yang dipakai pelaku jenisnya revolver. Namun, bisa pula senjata api rakitan. Ia bilang di Tempat Kejadian Perkara atau TKP tak ditemukan selongsong.

"Pistol juga ada berkaliber 22 [milimeter]. Tapi, di TKP tak ditemukan selongsong, yang ditemukan adalah anak pelurunya," kata Imam di Markas Polda Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 29 Desember 2023.

Gerindra: Walaupun Kalah di Aceh, Prabowo Janji Kembalikan Dana Otsus 2 Persen

Pun, dia menyampaikan, hingga saat ini sudah 13 orang dimintai keterangan sebagai saksi. Sebagian saksi yang diperiksa adalah yang nongkrong bersama korban saat insiden penembakan tersebut. Ia menuturkan dari petunjuk yang dikantongi sejauh ini, sudah mulai menemukan titik terang.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto

Photo :
  • Youtube Polda Kaltim
Hakim Arief Heran Tanda Tangan Surya Paloh Berbeda di KTP dengan Surat Kuasa

Imam mengatakan jajarannya masih belum bisa memastikan motif pelaku di balik penembakan tersebut. Pelaku juga masih diusut. Dia minta dukungan agar kasus ini bisa segera terungkap.

"Sedang dikembangkan oleh Ditkrimum dan jajaran, mudah-mudahan doakan dalam waktu dekat ini bisa terungkap dengan baik. Mudah-mudahan awal Januari [2024] sudah bisa diketahui," sebut jenderal bintang dua tersebut.

Untuk diketahui, peristiwa penembakan itu terjadi pada Kamis pekan lalu sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu, korban lagi asyik mengobrol sambil ngopi bersama beberapa warga setempat. Mereka nongkron sambil ngopi di salah satu toko di Banyuates.

Namun, tiba-tiba muncul sepeda motor Yamaha NMax yang dikendarai dua orang berbadan kekar. Dua OTK itu memakai penutup wajah dan helm. Lalu, mereka berhenti dan mendekat ke korban. Tanpa basa-basi, salah satu dari pelaku menghujamkan peluru dari senjata api ke tubuh korban. 

Setelah beraksi, dua pelaku langsung kabur. Sementara, Muarah tumbang dengan dua luka tembak di perut. Warga langsung menolong korban. Ia  lalu dilarikan ke rumah sakit di Bangkalan. Namun, karena lukanya parah, korban pun dirujuk ke RSUD Soetomo Surabaya.

Tim Penasehat TKN Prabowo-Gibran, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin sudah memonitor kondisi Muarah di RSUD Soetomo pada Senin, 25 Desember 2023. "Beliau (Muarah) merupakan relawan tim dari Bapak Prabowo dan Mas Gibran," kata Sjafrie.

Sjafrie menuturkan, kondisi Muarah sudah stabil tapi masih butuh pemuluhan. "Mohon doanya agar Bapak Muarah lekas pulih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya