Resmikan 5 Titik Sumber Air di Sukabumi, Prabowo: Harus Dihemat, Jangan Disia-siakan

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 30 Desember 2023
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

SukabumiMenteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air bersih yang berada di Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu, 30 Desember 2023. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Prabowo tiba di salah satu titik sumber air bersih di Desa Karanganyar Dusun Lembur Jami dan Cimala, Kecamatan Jampang Kulon sekitar pukul 12.00 WIB. 

Kehadiran Prabowo disambut langsung oleh Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Letjen TNI Jonni Mahroza, Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan RI Laksamana Pertama TNI Agus Adrianto. Kemudian, Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Unhan RI Marsekal Pertama TNI E. Doni Astaryadi, Kepala Biro Humas Setjen Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 30 Desember 2023

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Acara peresmian ini diawali dengan dialog antara Letjen TNI Jonni, Prabowo dan kepala dusun di lima titik. Selanjutnya, Prabowo memberikan pengarahan ke lima kepala dusun itu dan tim dari Universitas Pertahanan RI. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Saya sudah memberi petunjuk kepada tim satuan tugas air dari Universitas Pertahanan agar mengkaji terus bagaimana kita bisa meningkatkan bantuan air," kata Prabowo di Desa Karanganyar, Dusun Lembur Jami dan Cimala, Kecamatan Jampang Kulon, Sukabumi.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meresmikan lima titik sumber air di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 30 Desember 2023

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Prabowo mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan bantuan air agar bisa digunakan untuk kepentingan rumah, masak hingga pertanian di Sukabumi.

"Tidak hanya untuk kepentingan di rumah-rumah dan kepentingan untuk mandi, masak dan air minum tapi juga kami bisa bantu pertanian, membantu pengairan di dusun-dusun ini. Sedang dipelajari caranya gimana dan bentuknya gimana, nanti kita akan beri penyuluhan dan pendampingan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Prabowo pun berpesan agar prasarana dan bantuan yang diberikan Kementerian Pertahanan (Kemhan) serta Universitas Pertahanan untuk air bersih ini bisa dijaga. Dia mengatakan, air harus dihemat dan tak boleh dibuang-buang.

"Saya titip bahwa air ini sangat penting, untuk itu air harus dihemat, jangan dibiarkan terbuang-buang atau sia-sia tidak dimanfaatkan," pungkas Prabowo.

Berikut merupakan lima titik sumber air bersih yang diresmikan Prabowo di Sukabumi hari ini:

1. Desa Karanganyar Dusun Lembur Jami dan Cimala Kecamatan Jampang Kulon (600 KK)

2. Desa Karanganyar Dusun Ngluwung Kecamatan Jampang Kulon (315 KK)

3. Desa Karangmekar Kecamatan Cimanggu (Pesantren 300 santri dan 150 KK Masyarakat)

4. Kampung Pasir Batok, Desa Purabaya Kecamatan Purabaya (112 KK)

5. Desa Citamiang Kecamatan Purabaya (300 KK)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya