170 Pengungsi Rohingya Berlabuh di Kabupaten Langkat, Plt Bupati: Kita Tampung Sementara

Ratusan Pengunsi Rohingya di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVA/ B.S. Putra

Langkat – Sekitar 170 pengungsi imigran Rohingya, mendarat di perairan Desa Kuala Besar, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Sabtu malam, 30 Desember 2023, sekitar pukul 23.00 WIB.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

"Lebih kurang ada 170 orang (pengungsi imigran Rohingya), di Desa Kwala Besar," kata Plt Bupati Langkat, H.Syah Afandi kepada wartawan, Minggu 31 Desember 2023.

Pria yang akrab disapa Ondim, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Langkat sudah turun ke Desa Kuala Besar, untuk melakukan pengecekan langsung terhadap ratusan pencari suaka tersebut.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Ondim mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat akan berkordinasi dengan pemerintah pusat, untuk tindak lanjut. Terutama mengenai nasib dari ratusan pengungsi Rohingya tersebut.

"Saya sudah utus staf saya dinas untuk memantau itu. Kita akan berkordinasi dengan forkompinda menyikapi. Termasuk melaporkan ke Badan Penanggulangan pengungsi di Pusat," jelas Ondim.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Ondim mengatakan untuk saat ini, pihaknya akan menampung sementara di Kabupaten Langkat, sambil menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk tindak lanjut nantinya.

"Tidak apa-apa kita tampung sementara, regulasi seperti apa, nanti kita putuskan," tutur Ondim.

Ondim mengatakan, pihaknya harus juga memikirkan kebutuhan mereka selama berada di Kabupaten Langkat. Termasuk makan, minum hingga kesehatan para pengungsi itu.

"Ini pertimbangannya banyak ya. Logistik untuk dibutuhkan mereka bagaimana dan lain-lainnya. Kita akan rapatkan dua atau tiga hari kedepannya. Ini masih libur," jelas Ondim.

Ratusan pengungsi tersebut, dan tengah dilakukan pendataan dan dilakukan pengawasan serta pengaman oleh petugas TNI/Polri. Mereka menempati pengungsian seadanya saat ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya