Mahfud Md Kenang Momen Perintahkan Wali Kota Bogor Segera Resmikan GKI Yasmin

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md (kedua kiri) saat memberikan pidato sambutan dalam Konser Lilin Putih di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Rio Feisal

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md saat menghadiri perayaan Natal dan Tahun Baru Konser Lilin Putih di Jakarta, Rabu malam, 3 Januari 2024, mengenang momen peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan pos Bogor Barat, Jawa Barat, yang dikenal dengan GKI Yasmin.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

"Saudara, saya juga yang dengan tegas meresmikan dan menghidupkan kembali Gereja Yasmin," kata Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara perayaan tersebut di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu.

Menurut Mahfud, sejak 2006 terdapat sengketa mengenai Gereja Yasmin di Kota Bogor, Jawa Barat. Sengketa tersebut, kata dia, tidak selesai hingga presiden berganti.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Gereja GKI Yasmin Diresmikan Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

"Sampai akhirnya saya berkoordinasi dengan seorang wali kota yang sangat progresif, yaitu Bima Arya. Saya undang ke kantor saya berkali-kali, [dan] saya berkunjung, ketemu dia juga, berkali-kali. Saya katakan segera resmikan kembali Gereja Yasmin," kata Mahfud.

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut kemudian menceritakan bahwa akhirnya Gereja Yasmin dapat diresmikan pada April 2023.

"Dan pada bulan April tahun 2023, setelah belasan tahun gereja ini menjadi sengketa, kemudian kami resmikan secara resmi, secara sah, di bawah perlindungan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujarnya.

"Semua itu saya dedikasikan dan harus kita dedikasikan demi persatuan dan kesatuan bangsa kita, Indonesia."

Jemaat GKI Yasmin

Photo :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari

Rumah ibadah Gereja Yasmin diresmikan pada 9 April 2023 yang bertepatan dengan peringatan Paskah, di Kota Bogor. Gereja dengan kapasitas 300 jemaat saat beribadah ini telah menjalani pembangunan selama dua tahun, setelah lima belas tahun berkonflik dengan warga sekitar.

Isu konflik ini sempat menjadi sorotan nasional bahkan internasional, sehingga pemerintah pusat turut mendorong penyelesaian konflik tersebut. Lokasi gereja tersebut yang telah diresmikan merupakan tanah aset Pemerintah Kota Bogor dengan luas lebih kurang 1.600 meter persegi.

Dalam proses perizinan, pihak Gereja dibantu Pemerintah Kota Bogor hingga melobi pemerintah pusat agar konflik mencair dengan komunikasi yang baik. Selain itu, Pemerintah Kota Bogor menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama, pemerintah wilayah setempat serta tokoh agama di sekitar lokasi itu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya