Profil Ariyo Ardi, Jurnalis Senior yang Jadi Moderator Debat Capres Ketiga 2024

Ariyo Ardi
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jakarta – Perhelatan debat capres 2024 putaran ketiga telah diumumkan akan dilaksanakan pada hari ini, Minggu, 7 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menetapkan sebanyak 11 panelis dan 2 moderator dari kalangan jurnalis dalam debat kali ini. 

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Salah satu moderator yang telah ditetapkan adalah Ariyo Ardi yang merupakan jurnalis di sejumlah televisi dan telah berpengalaman di bidangnya. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan profil Ariyo Ardi, berikut ulasan selengkapnya. 

Profil Ariyo Ardi

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Ariyo Ardi

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Menurut informasi yang terdapat di profil Linkedln-nya, Ariyo Ardi telah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Kuningan, mengambil jurusan Akuntansi. Berdasarkan latar belakang pendidikannya ini, Ariyo memulai kariernya sebagai karyawan di Bank Artamedia pada tahun 2001.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Namun, tak berapa lama setelah itu, Ariyo melanjutkan perjalanan kareirnya dengan bergabung di PT Lativi Mediakarya (tvOne). Di sana, ia menjadi reporter berita untuk topik politik, ekonomi, sosial, dan olahraga. 

Selain itu, Ariyo juga menjabat sebagai news anchor untuk program Lativi News Evening Show dan Lativi End Year News Program. Periode kerjanya di tvOne berlangsung dari Juni 2001 hingga November 2003. 

Setelah meninggalkan tvOne, Ariyo menjadi bagian dari PT Surya Citra Televisi Indonesia (SCTV) dari tahun 2007 hingga 2011. Di SCTV, ia menjabat sebagai news anchor untuk program Liputan 6 Siang dan Liputan 6 Petang serta menjadi pembawa acara talkshow 'Barometer' dan 'Topik Minggu Ini'.

Selanjutnya, Ariyo aktif sebagai produser dan project leader untuk program 'Peringatan Setahun Gempa Yogyakarta' pada tahun 2007. Ia kemudian mengejar karier di RCTI sebagai executive producer dan news anchor dari tahun 2011 hingga 2015. 

Ariyo Ardi

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Ariyo mencatatkan dirinya sebagai pengawal program berita Seputar Indonesia, dan sebagai project leader untuk liputan pilkada DKI Jakarta dan pemilihan legislatif serta pilpres 2014. Dari tahun 2016 hingga 2020, Ariyo menjabat sebagai Deputy Editor in Chief di iNewsTV, dan juga menjadi manager operasional untuk majalah berita. 

Ia bertanggung jawab atas beberapa program berita, seperti iNews Petang, Talk To iNews, dan I Talk. Mulai tahun 2020 hingga saat ini tahun 2024, Ariyo telah menjadi pemimpin redaksi di GTV, dan kemudian dipercayakan sebagai moderator debat capres putaran ketiga pada Pemilu 2024. 

Berkat kepiawaiannya dan pengalamannya dalam dunia jurnalistik, Ariyo meraih penghargaan Juara 2 Program TV Pemilu Terbaik dari KPU Awards 2009, serta Panasonic Awards 2013 sebagai Program Berita Terbaik yang mencakup wawancara eksklusif dengan Leonyd Stadnyk di Zhytomyr, Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya