Debat Capres 2024

Cek Fakta: Anies Baswedan Sebut 160 Ribu Orang Meninggal Karena Terpapar Virus

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta – Debat Pilpres 2024 seri ketiga digelar pada hari ini, Minggu, 7 Januari 2023. Debat digelar di Istora Senayan ini mempertemukan tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.  Debat capres kali ini dipandu oleh moderator Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan di Lombok, NTB.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Mataram)
Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Dalam debat ketiga ini, capres nomor urut 01 saat menyampaikan visi misi dan menyebut ada 160 ribu orang meninggal karena terpapar virus.

Cek Fakta

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Kasus Corona di Indonesia terdeteksi pertama kali pada 2 Maret 2020. Sejak saat itu, setiap hari ada berita tentang orang yang terpapar bahkan meninggal akibat COVID-19. Kebijakan PPKM pun diterapkan untuk menekan penularan. Hingga 30 Desember 2022, orang Indonesia yang terpapar Virus Corona mencapai 6.719.327. Sebanyak 160.593 di antaranya meninggal akibat virus tersebut.

Kemudian Presiden Joko Widodo resmi mencabut status PPKM di seluruh kabupaten/kota yang saat ini berstatus level I. Keputusan itu menyusul kasus corona di Indonesia yang menunjukkan penurunan, baik kasus aktif maupun kematian.

Penurunan kasus aktif hingga kematian ini dianggap aman, karena angkanya telah berada di bawah standar WHO.

"Per 27 Desember 2022 kasus harian 1,7 kasus per 1 juta penduduk, positivity rate mingguan 3,35 persen, tingkat perawatan RS atau BOR berada di angka 4,79 persen dan angka kematian di angka 2,39 persen. Ini semuanya berada di bawah standar WHO," ucap Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya