Beda Pandangan dengan Jokowi soal Debat Capres, Mahfud MD: Tak Ada Serangan Personal

Cawapres nomor urut 3 sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi.

Yogyakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD berbeda pandangan dengan Presiden Jokowi tentang debat calon Presiden (capres) putaran ketiga yang digelar Minggu 7 Januari 2024 lalu.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Mahfud menilai jika dalam debat itu tak ada serangan personal yang terjadi. Meski demikian pria yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam ini memersilakan masyarakat umum untuk menilainya sendiri.

"Ya gak apa-apa Pak Jokowi punya tanggapan begitu. Tapi kalau saya (menilai) ndak ada serangan personal. Jadi kalau ada yang berpendapat itu serangan personal itu boleh saja. Tapi sebagian besar rakyat Indonesia itu tidak menganggap itu serangan personal," ucap Mahfud di Hotel Royal Ambarukmo, Selasa, 9 Januari 2024 malam.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Prabowo Subanto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Debat Capres

Photo :
  • Istimewa

Mahfud juga menegaskan dalam debat juga tak menyangkut tentang rahasia negara. Mahfud mengungkapkan pertanyaaan-pertanyaan dalam debat itu merupakan pertanyaan yang biasa saja.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

"Debat biasa saja. Tidak ada pertanyaan yang harus dijawab dengan membongkar rahasia negara. Gak ada. Itu pertanyaan biasa saja. Misalnya kenapa beli pesawat. Itukan bukan rahasia (negara)," ungkap Mahfud.

Guru Besar bidang Hukum dari Universitas Islam Indonesia (UII) ini menegaskan dalam debat itu tak ada persoalan personal maupun rahasia negara yang dibahas di dalamnya. Pertanyaan tentang alutsista Indonesia juga dianggap Mahfud bukan merupakan rahasia negara.

"Orang bertanya harga pesawat. Kondisi pesawat. Peranan Indonesia dalam memimpin pertahanan di selatan selatan. Kan gak ada rahasia (negara)," ungkap Mahfud.

"Apa coba yang dirahasiakan. Gak ada yang personal dan gak ada yang rahasia. Kalau yang kemarin yang ditanyakan apa sih yang rahasia (negara)? Kok saya gak dengar," ujar Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya