Usai Kunker ke 3 Negara ASEAN, Jokowi Beri Arahan ke Forum Rektor Indonesia

Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Juanda untuk bertemu Forum Rektor Indonesia
Sumber :
  • Akun X Jokowi

Surabaya - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, 15 Januari 2024. Menurut dia, forum ini sangat penting untuk dihadiri.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Padahal, Jokowi bercerita baru saja pulang dari lawatan ketiga negara yakni Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam pada Minggu, 14 Januari 2024. Kemudian, Jokowi berangkat ke Surabaya dari Istana Kepresidenan Bogor pada Senin subuh tadi.

“Saya ke Surabaya hanya khusus untuk Forum Rektor Indonesia. Karena Lembaga Perguruan Tinggi itu betapa sangat pentingnya dan punya peran yang sangat strategis bagi negara ini, dan juga rektor yang punya peranan besar,” kata Jokowi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ia menjelaskan lembaga pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat strategis untuk mencetak sumber daya manusia atau SDM unggul dan berkualitas.

“Saya sering juga sampaikan, yang bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan tapi juga mau terus belajar. SDM yang kuat fisik mental dan moralnya. SDM yang inovatif, menghasilkan karya-karya yang berkualitas,” ujarnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mendorong perguruan tinggi bisa segera menyiapkan SDM Indonesia sebagai antisipasi menyambut bonus demografi 5-10 tahun ke depan. Ia bilang kekayaan alam Indonesia mesti dikelola dengan baik agar bisa berikan nilai tambah maksimal untuk rakyat. 

Menurut dia, sumber daya alam yang melimpah tak bisa jadi acuan untuk jadikan Indonesia negara maju. Namun, ia menekankan perlu juga memperhatikan SDM dan iptek yang berkualitas. 

Maka itu, Jokowi mengajak seluruh perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi. Selain itu, perlunya sinergi serta melahirkan lebih banyak solusi untuk mewujudkan kemajuan Negara Indonesia.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini secara resmi saya buka konvensi ke XXIX dan temu tahunan XXV Forum Rektor Indonesia,” ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya