Instruksi Menkopolhukam Soal Rusuh Kuningan

Marsekal (purn) Djoko Suyanto
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Bentrok massa terjadi antara warga Ahmadiyah dan ratusan anggota ormas Islam di Desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Bentrok dipicu kegiatan keagamaan jamaah Ahmadiyah yang berbuntut penyegelan masjid. Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto memberikan instruksi pada aparat keamanan.

"Instruksi saya kepada aparat keamanan untuk dicegah lebih lanjut bentrokan kedua kubu itu. Dan itu sudah dipisah sekarang, mudah-mudahan tidak berlanjut lagi. Itu langkah pertama, cegah bentrokan dulu," kata Menkopolhukam di Kompleks Istana Negara, Kamis 29 Juli 2010.

Ditambahkan Djoko, persoalan Kuningan tidak hanya masalah Kementerian Polhukam. Soal langkah selanjutnya, "itu kan ada ulama, aparat daerah, itu nanti belakangan."

Yang penting, lanjut dia, bagaimana mencegah kerusuhan lebih lanjut. "Tindakan-tindakan anarkis bagaimanapun tidak bisa dibenarkan," tambah dia.

Rusuh Kuningan berawal saat warga sekitar menuntut agar jemaah Ahmadiyah tidak lagi menjalankan segala aktivitas keagamaan -- yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam.

Insiden diperparah saat masjid tempat jamaah Ahmadiyah beribadah disegel -- saat para jamaah sedang beraktifitas, serta anak-anak mereka tengah sekolah. (umi)

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga
Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024