Profil Arif Satria, Ahli Ekologi Sekaligus Rektor IPB yang Jadi Panelis Debat Pilpres

Ketua Umum ICMI Arif Satria
Sumber :
  • Biro Komunikasi IPB University

Jakarta – Rektor IPB University sekaligus ahli ekologi politik dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam, Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi telah terpilih sebagai salah satu panelis dalam debat keempat Pilpres 2024. Debat ini akan dilaksanakan pada Minggu, 21 Januari 2024 mendatang. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Debat keempat ini akan dilaksanakan secara langsung di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan menghadirkan ketiga calon wakil presiden (cawapres) dari masing-masing pasangan calon. Ketiga cawapres tersebut adalah Prof Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka. 

Mereka dijadwalkan bakal beradu gagasan mengenai pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa. Salah satu tokoh yang ahli dalam bidang tersebut adalah Prof. Arif Satria sekaligus Rektor IPB. 

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Prof Arif sendiri adalah satu-satunya tokoh yang menjabat sebagai rektor aktif yang terpilih menjadi panelis di debat kali ini. Bukan dalam debat kali ini aja ia menjadi panelis. Jauh sebelum itu pada pilpres 2019, Arif menjadi salah satu panelis yang diusung KPU

Profil Prof. Arif Satria

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ketua Umum ICMI Arif Satria

Photo :
  • Biro Komunikasi IPB University

Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi adalah seorang pakar dalam bidang Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, sekaligus menjabat sebagai Rektor di Institut Pertanian Bogor (IPB) atau IPB University. Informasi ini dapat ditemukan di situs resmi ppid.ipb.ac.id, yang mencatat bahwa Arif Satria telah menjadi dosen di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sejak tahun 2010.

Sebelumnya, perjalanan karirnya mencakup peran sebagai dosen di Departemen Sosial Ekonomi Perikanan, dan pada tahun 2012, Arif pernah menjadi penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan. Sejak tahun 2002, ia telah aktif terlibat dalam penyusunan kebijakan kelautan dan perikanan, termasuk UU Perikanan 31/2004, Revisi UU Pengelolaan Perikanan, serta beberapa Peraturan Pemerintah dan Menteri terkait. 

Arif Satria juga pernah meraih sejumlah penghargaan, termasuk Dosen Berprestasi III IPB dan penghargaan dari Rektor IPB pada tahun 2007, serta penghargaan internasional seperti The First Winner of the JIFRS Yamamoto Prize pada Konferensi International Institute for Fisheries Economics and Trade (IIFET) tahun 2008.

Pendidikan

Ketua Umum ICMI Arif Satria

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pendidikan Arif Satria mencakup S1 di Institut Pertanian Bogor dengan jurusan Ilmu-Ilmu Ekonomi Pertanian pada tahun 1995, S2 di bidang Sosiologi Pedesaan pada tahun 1999 di institusi yang sama, dan S3 di Kagoshima University, Jepang, dengan jurusan Department of Marine Social Science pada tahun 2006.

Sempat Menjadi Panelis

Rektor IPB Prof Arif Satria

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Selain itu, Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi memiliki peran sebagai panelis dalam debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang dijadwalkan pada Minggu, 21 Januari 2024, dalam rangka Pemilihan Umum (Pilpres) 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 11 nama panelis yang disepakati oleh tim pasangan calon, dan para panelis tersebut akan dikarantina pada tanggal 19 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya